BANDA ACEH - Seorang pemuda berinisial KJ, asal Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan, terpaksa menelan pil pahit saat tiba di Banda Aceh untuk menemui wanita yang dikenalnya lewat media sosial, Facebook.

Awalnya ia telah mengenal seorang wanita asal Aceh berinisial NS, yang berkuliah di UIN Ar-raniry Banda Aceh lewat Facebook. Ternyata wanita yang identitasnya belum cukup dikenal itu telah membuat KJ mabuk kepayang.

Demi ingin menjumpai kenalannya itu, pria 24 tahun itu rela menggadaikan sepeda motor miliknya seharga Rp2 juta, hanya untuk ongkos dari Sumatera Selatan ke Aceh.

Namun, rencananya tak berjalan mulus. Sosok wanita yang dicari tak kunjung tiba. KJ sudah hampir satu hari berkeliling di UIN. KJ pun lontang-lantung di wilayah Koperasi Pelajar Mahasiswa Darussalam, Banda Aceh.

Mondar-mandir tanpa arah dan mencurigakan, pemuda bertubuh gempal ini kemudian diamankan oleh pihak keamanan kampus UIN, karena dikira maling. Selanjutnya, ia diserahkan kepada pihak Kepolisian Sektor Kecamatan Syiah Kuala.

"Sebab gerak geriknya mengundang kecurigaan. Tim pengamanan kampus pun mendatangi dia dan langsung diamankan," kata Kapolsek Syiah Kuala, AKP Asyhari Hendri, Kamis 18 Januari 2018.

Berdasarkan keterangan dari KJ di Polsek Syiah Kuala, belakangan diketahui wanita itu ternyata sudah pulang ke kampung halamannya di Kutacane, Aceh Tenggara. Kepolisian pun berusaha menghubungi keluarga KJ, namun rupanya mereka malah tak mengetahui jika ia pergi ke Aceh.

"Keluarganya sempat kaget saat dihubungi anggota kami, karena yang bersangkutan ke Aceh tanpa sepengetahuan keluarga," jelas Asyhari.

Pihak keluarga, lanjut Asyhari, berharap Polsek Syiah Kuala bisa memulangkan KJ ke kampung halamannya di Oku Timur, Sumatera Selatan. Dia sudah dipulangkan Polsek dengan bus.