PALAS - Mewarnai pembukaan MTQN ke 11 Kecamatan Huristak, Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) melepas peserta pawai ta'aruf ditandai dengan pengibaran bendera start dari lokasi kantor Kecamatan Huristak berkeliling ibukota kecamatan tersebut, Jumat (19/1/2018). Usai melepas peserta pawai, pria yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) melanjutkan pemberian beasiswa berprestasi oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diserahkan Bupati kepada siswa tingkat SD/MI sebanyak 39 siswa ditambah tingkat SMP dan MTs sebanyak 30 siswa.

Tak hanya itu, Bupati juga menyerahkan bantuan alsintan berupa cangkul sebanyak 8 cangkul dan Hand Sprayer sebanyak 4 unit kepada 12 kelompok tani di Kecamatan Huristak dan bantuan CSR Bank Sumut untuk pembangunan masjid di Kecamatan Huristak.

Kelompok tani yang menerima bantuan alat pertanian antara lain kelompok tani Sinar Jaya II Desa Tobing Jae, Sahata Desa Huristak, Sekar Desa Ganal, Maju Jaya Siala Gundi, Kwt Wanita Tani Desa Gonting Julu, Sapardongolan Desa Tanjung Morang, Maju Jaya Desa Huta Pasir Ulok Tano, Napa Baung Desa Tanjung Baringin, Makmur Jaya Desa Pasir Lancat Lama, Napa Paya Bujing III Desa Paya Bujing, Indah Tani Desa Binango Tolu dan Bersaudara Maju Desa Pasar Huristak.

Kadis Pertanian Palas Ir.Abdullah Nasution berharap, bantuan alsintan dari pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik dalam pengembangan pengelolaan pertanian dan peningkatan produksi pertanian.

Sebelumnya Camat, Huristak M.Leylan Daulay mengatakan, MTQ yang dibuka secara resmi ini turut dihadiri Bupati dan Sekda Arpan Nasution serta sejumlah Pimpinan SKPD.

Dia berharap , antusiannya masyarakat mengikuti mtq menjadi momentum dalam

"Kegiatan MTQN tingkat kecamatan Huristak diharapkan mampu melahirkan kafilah yang siap berkompetensi di tingkat Kabupaten nantinya. kita juga berharap agar Dewan Hakim yang telah dilantik sebagai penilai perlombaan supaya bersikap profesional," pintanya.

Dia juga berharap, MTQ ini dapat menghasilkan kafilah berkualitas dengan kemampuan kafilah yang akan dipersiapkan sebagai utusan kecamatan di ajang MTQN tingkat Kabupaten Palas nantinya.

"Ajang MTQN ini sebagai upaya menjaring bibit dalam hasil kemampuan baca Alquran melekat di tengah masyarakat, menumbuhkan kembali semangat dan nilai islami di masyarakat. Tidak kalah pentingnya, pengembangan bakat dan minat generasi muda mencintai Al quran semakin membudaya," sebutnya.

Ia menambahkan, kehadiran Bupati menjadi motivasi bagi pemerintah kecamatan untuk terus berpacu meningkatkan pengembangan SDM masyarakat melalui pondasi gemar membaca Al quran sebagai penghayatan dan kecintaan terhadap al quran.

Tampak hadir yakni Camat Huristak M.Leylan Daulay, kepala desa, Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintahan Pemkab Palas dan komponen elemen masyarakat dari berbagai penjuru desa, tumpah ruah di lokasi kantor Kecamatan Huristak.