PALAS - Sebanyak 433 kafilah utusan desa akan bertarung menunjukan kebolehan prestasi di arena Musbaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke 11 Tingkat Kecamatan Barmun Tengah, Rabu (17/1/2018) malam di lapangan hijau Pasar Binanga. Ratusan kafilah yang menjadi peserta perlomaan MTQN sebelumnya mengikuti pawai ta'aruf dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap.

Bupati palas H.Ali Sutan Harahap dalam sambutannya mengatakan, MTQN yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut program pemerintah secara nasional, yang dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud sosialisasi Al-Qur’an kepada masyarakat.

"Penyelenggaraan MTQ ini tentu tidak hanya bermakna sebagai peneguh syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat,” tutur Bupati dihadapan seluruh yang hadir.

Bupati juga meminta, penyelenggaraan MTQ hendaknya dijadikan moment untuk mendorong meningkatkan pengetahuan, penghanyatan, dan pengalaman Al Qur’an di lingkungan keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan Palas bercahaya, salah satunya beriman.

Camat Barumun Tengah, Markiah Hasibuan usai membai'at Dewan Hakim mengatakan, melalui momentum MTQN ke 11 ini diharapkan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta meningkatkan minat baca Al-qur’an di masyarakat dan melahirkan kafilah yang berkualitas.

"Membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa serta menyeleksi peserta kafilah untuk menjadi utusan Kecamatan nantinya di tingkat MTQN Tingkat Kabupaten Palas yang akan diselenggarakan 29 Januari 2018 dipusatkan di Kecamatan Sihapas Barumun," kata Markiah.

Ketua Panitia MTQN Syamsuddin Rangkuti mengatakan, peserta yang akan mengikut MTQN ke-11 berjumlah 433 kafilah untuk 9 cabang yang diperlombakan selama berlangsung kegiatan mulai Rabu-Kamis (18/1/2018).