MEDAN - Pasangan Andar Amin Harahap dan Hariro Harahap menjadi satu-satunya pasangan bakal calon yang sudah mendaftar ke KPU Padang Lawas Utara (Paluta) untuk di Pilkada 2018.

Ketua KPU Padang Lawas Utara, Rahmat Hidayat mengatakan, pada masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati, 8-10 Januari 2018, hanya pasangan ini yang mendaftar ke KPU Paluta.

"Sampai saat ini hanya mereka dan didukung 11 partai politik yaitu Golkar, PDI-P, Gerindra, Hanura, PAN, PPP, Nasdem, PKPI, PKB, Demokrat, PBB. Dimana, total 30 kursi dari 30 kursi DPRD Padang Lawas Utara," katanya di RSUP H Adam Malik Medan.

Rahmat Hidayat menjelaskan, pasangan bakal calon tunggal ini membuat KPU akan memperpanjang masa pendaftaran. Akan tetapi hingga hari ini belum ada satupun pasangan lain yang mendaftar.

Berdasarkan jadwal, perpanjangan masa pendaftaran bakal calon di KPU Paluta akan berlangsung hingga hari ini. Rahmad juga menambahkan, pihaknya akan menunggu hingga pukul 24.00 WIB sebelum menutup masa perpanjangan pendaftaran.

"Sampai hari ini kita perpanjang hingga jam 12 malam. Seandainya tidak ada yang mendaftar, selanjutnya kami akan berkordinasi dengan KPU Sumut dan KPU RI mengenai teknis pelaksanaan," tambahnya.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya kan melawan kotak kosong. Kalau kali ini kita akan menunggu petunjuk teknis dari KPU RI," pungkas Rahmat.