JAKARTA - Partai Golkar resmi menunjuk Bambang Soesatyo (Bamsoet) sebagai Ketua DPR menggantikan posisi Setya Novanto. Penunjukkan langsung dilakukan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Perlu kami sampaikan tentang penetapan Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR," kata Airlangga, dalam jumpa pers di ruang Fraksi Partai Golkar, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/1).

Penunjukkan Bamsoet, kata Airlangga, dikarenakan DPP Partai Golkar memahami bahwa Ketua DPR bukanlah sesuatu hal yang memudah. Menurutnya, Bamsoet sebagai sosok yang layak untuk memimpin DPR.

"Saudara Bambang Soesatyo yang ditetapkan sebagai Ketua DPR. Bambang Soesatyo mempunyai pengalaman yang cukup panjang di DPR, sehingga memahami kinerja DPR," terangnya.

Dari informasi yang diperoleh GoNews.co, Bambang Soesatyo direncanakan bakal dilantik secara resmi sore ini pukul 16.00 WIB. Pelantikan tersebut akan dilaksanakan dengan Sidang Paripurna yang sudah disepakati dalam rapat Bamus dan semua Fraksi di DPR.

Seementara itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, Partai Golkar telah menginformasikan kepada pimpinan DPR perihal penunjukkan Bamsoet sebagai Ketua DPR.

"Kami sudah mendapatkan pemberitahuan secara lisan bahwa sejak tadi malam Golkar sudah menyelesaikan administrasi internalnya untuk kemudian mengajukan satu nama menyepakati pak Bambang Soesatyo sebagai calon Ketua DPR," kata Fahri, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Senin (15/1).

Kata Fahri, Golkar berharap agar pagi ini langsung diproses melalui mekanisme UU MD3 dan Tatib DPR. Menurutnya, hal itu juga sesuai dengan harapan Fraksi Partai Golkar agar pergantian Ketua DPR dilakukan setelah reses.

"Sekarang sudah keluar satu nama Pak Bambang dan kami pimpinan DPR akan mengadakan Rapim dan setelah Rapim kami akan mengundang Bamus dan kemudian menyelennggarakan pelantikan Ketua DPR, kami juga telah berkoordinasi dengan Mahkamah Agung," terangnya.***