MEDAN - Meski mengakui adanya keterlibatan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk atas kasus korupsi ‎proyek rigit jalan beton senilai Rp65 miliar, namun Penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) masih terlihat mengulur waktu seolah enggan melakukan pemanggilan dengan berbagai alasan. Menurut Kepala‎ Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejatisu, Sumanggar Siagian, pihaknya belum menjadwalkan pemeriksaan terhadap orang nomor satu di Sibolga tersebut, karena takut Syarfi Hutauruk tidak bisa hadir lagi.

"Kita memang belum jadwalkan pemanggilan dia (Syarfi Hutauruk) karena takut tidak bisa hadir lagi jadi percuma kita layangkan panggilan ketiga. Jadi kita koordinasi dululah," ucap Sumanggar, Minggu (14/1/2018).

Disebutkan Sumanggar, pihaknya memang sudah mendapatkan keterangan dari saksi dan tersangka bahwa Walikota Sibolga terlibat. Dan itu tidak dipungkiri penyidik.

"Iya, dia (Syarfi Hutauruk) memang ada terlibat dalam kasus ini. Tapi tuinggu diperiksa dulu lah, agar tahu hasilnya seperti apa,"pungkasnya singkat.

Namun, Sumanggar mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan Walikota Sibolga dalam kapasitas sebagai saksi. Dengan keterangan tersebut, bisa digalih sebenarnya kasus dugaan korupsi secara mendalam atas keterlibatan Syarfi Hutauruk‎.

"Kita harapkan untuk kooperatif dalam pemeriksaan," bebernya.

Sementara itu, dalam pemeriksaan sebelumnya yang dilakukan penyidik Kejatisu, ‎Syarfi Hutauruk sudah dua kali mangkir dengan alasan tidak jelas. Terakhir, Walikota Sibolga itu, mangkir pada pemeriksaan penyidik Pidsus di Kejatisu Senin (18/12) yang lalu.

Selain itu, Penyidik Pidsus Kejatisu, meminta keterangan Walikota Sibolga, untuk mengetahui lebih jauh bagaimana proses kontrak kerja dilakukan ‎Dinas PU Sibolga dengan melibat 10 perusahaan sebagai rekanan dalam mega proyek tersebut.

Dalam kasus ini, penyidik Pidsus Kejatisu sudah menetapkan 13 orang tersangka dalam kasus korupsi mega proyek di Dinas PU Kota Sibolga. Diantaranya 10 orang tersangka dari rekanan dan 3 orang tersangka dari Dinas PU Kota Sibolga, termasuk ‎Kadis PU Sibolga, Marwan Pasaribu.

Dari 13 tersangka, 11 tersangka sudah dilakukan penahanan oleh penyidik Pidsus Kejatisu. Ke-11 tersangka sudah ditahan di Rutan Klas IA Tanjunggusta Medan, beberapa waktu lalu.

Lanjut Sumanggar menyebutkan pelaksanaan proyek rigit beton jalan ditemukan pelaksaan proyek tidak sesuai spesifikasi‎ dengan kontrak kerja.‎ Kemudian, pengerjaan dilakukan tidak sesuai waktu, ditentukan ‎yang tertuang pada kontrak kerja antara Dinas PU Sibolga rekanan.

"Dalam penyidikan kita pada kasus ini, ditemukan spesifikasi ‎tidak sesuai pada pajang dan lebar jalan yang dikejarkan. Kemudian, pelaksanaan kerja juga tidak sesua dengan waktu," ungkapnya.

Ia menambahkan dalam kasus ini, ditemukan kerugian negara sesuai dengan audit dilakukan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI wilayah Sumut, sebesar Rp 10 miliar.

"Sesuai dengan hasil audit BPK RI Perhitungan Kerugian Keuangan Negara sebesar Rp 10 Miliar dengan Alokasi dana dari APBD TA 2015 Pemerintahan Sibolga sebesar 65 Milar," katanya.