SURABAYA - Sejumlah relawan Kota Surabaya menolak keras kabar Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan maju sebagai cawagub dalam Pemilihan Umum Gubernur Jawa Timur, menggantikan Abdullah Azwar Anas yang disebut mundur sebagai wakil Saifullah Yusuf.

"Jangankan cawagub, dicalonkan sebagai cagub pun kami menolak. Jangan jadikan Tri Rismaharini sebagai alat politik atau tumbal di elite politik, dengan adanya kekuasan bisa melakukan dengan menghalalkan segara cara," teriak salah satu koordinator aksi Imam Budi Utomo, Jumat (5/1).

Relawan Surabaya demo tolak Risma jadi cawagub Jatim ©2018 Merdeka.com/Bruriy Mereka juga minta Tri Rismaharini menyelesaikan tugasnya, mengabdi sebagai Wali Kota Surabaya. Karena masih banyak persoalan Surabaya yang belum terselesaikan sesuai dengan janji politiknya.

Seperti mengenai pendidikan di Kota Surabaya dan cagar budaya. "Satunya pendidikan gratis untuk SD, SMP, SMA, SMK, yang sampai saat ini belum dijalankan. Kemudian mengenai cagar budaya masih ada yang belum diselesaikan," katanya.

Mereka juga mengancam akan melakukan aksi lebih besar bila Risma ikut dan masuk dalam bursa Cawagub Jawa Timur 2018.***