JAKARTA - Abdullah Azwar Anas tanpa alasan jelas mendadak mengudurkan diri dari Pilgub Jawa Timur. Padahal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), telah mendeklarasikan Azwar Anas untuk menjadi pendamping Saifullah Yusuf.

Ketua DPP PDIP, Hendrawan Suprtikno mengatakan pihaknya akan mengadakan rapat internal untuk membahas pengunduran diri Azwar Anas.

"Nah nanti PDIP baru rapat pukul 16.00 WIB," ujar Hendrawan saat dihubungi, Jumat (5/1).

Menurut Anggota XI DPR ini, rapat tersebut tidak serta merta hanya membahas Azwar Anas. Tapi berkaitan dengan Pilkada lain. Pasalnya, masih banyak daerah yang belum diputuskan siapa cagub dan cawagubnya.

"Kan masih banyak provinsi lain yang belum final," katanya.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Adreas Hugo Pareira mengatakan, pihaknya tidak ingin berspekulasi mengenai nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang bakal menggantikan Azwar Anas.

"Nantilah," singkatnya.

Sebelumnya, bakal calon gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengaku kaget atas kabar pasangannya Abdullah Azwar Anas, yang telah berkirim surat ke DPP PDIP untuk mengundurkan diri sebagai cawagub di Pilgub Jatim 2018 mendatang.

Gus Ipul mengaku baru mengetahui kabar tersebut ketika dipanggil sejumlah kiai mengenai isu tersebut. Oleh karena itu, pihaknya belum mengetahui secara pasti alasan Bupati Banyuwangi itu mundur menjelang pendaftaran ke KPU.

Namun demikian, Gus Ipul tidak mempermasalahkan kalaupun nantinya Anas benar-benar diganti. Soal siapa yang akan menjadi pengganti Anas, pihaknya enggan berspekulasi. Menurutnya, PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan membahas hal tersebut.***