TAPANULI SELATAN - Guna memantau keamanan serta kekondusifan suasana Natal dan Tahun Baru, Minggu (31/12/2017) siang, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) kembali gelar Patorli Skala Besar. Kali ini tim gabungan yang berjumlah kurang lebih 50 personel terdiri dari personel Polres Tapsel dan Kodim 0212/TS dipimpin langsung Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal, bergerak menysuri jalan Padangsidimpuan Sipirok dan Pal XI-Gunung Tua.

Iring-iringan kendaraan mulai dari trail, Patwal dan mobil Tambora yang dilengkapi sniper melaju sambil memantau situasi Lalu Lintas.

Lokasi pertama yang di tinjau oleh tim adalah Pos Pam yang terletak di Pal XI. Di lokasi ini Kapolres memantau kondisi kesiapan personel piket yang berjaga, kemudian Kapolres juga menyempatkan diri bertegur sapa dengan para pengendara yang lewat dan para warga yang tinggal sambil berusaha di Pal XI.

Sehabis dari Pos Pam Pal XI, tim kemudian melanjutkan perjalanan menuju daerah Gunung Tua, Kabupaten Paluta. Di sini, tim langsung menuju Mapolsek Gunung Tua. Di depan Mapolsek Gunung Tua, Kapolres menginstruksikan kepada anggota untuk segera malakukan razia terhadap kendaraan-kendaraan yang melintas, razia tersebut hanya memberikan tindakan tegoran kepada para pengendara yang melintas dan menyalahi aturan.

"Kita hanya melakukan tindakan berupa tegoran saja kepada pengendara yang tidak memenuhi aturan. Ini hanya sebagai efek jera kepada para pengguna jalan," jelas Kapolres.

Selanjutnya, selesai melakukan kegiatan di Mapolsek Gunung Tua, tim pun bergerak Mesjid Raya Gunung Tua untuk menunaikan Sholat Ashar berjamaah. Selesai menjalankan ibadah sholat, tim melepas lelah di halaman mesjid.

Sekitar pukul 17.00, tim bergerak kembali menuju Mapolres Tapsel. Di Aek Godang, Kapolres bersama tim menyempatkan diri mampir guna memeriksa Pos Pelayanan yang ada di lokasi tersebut.

"Saat ini dari hasil pemantauan yang kita lakukan, kondisi di wilayah hukum Polres Tapsel masih dalam situasi aman, terkendali dan kondusif. Saya harap kepada warga baik pendatang maupun setempat agar tetap waspada dan hati-hati, apa lagi nanti pada saat malam pergantian tahun. Pada pukul 21.00 nanti malam, kita juga akan melanjutkan Patroli ini menuju wilayah Batang Angkola," jelas Kapolres.