MEDAN-Partai Golkar Tapanuli Utara melalui rapat pleno diperluas menetapkan Dr Jonius Taripar Hutabarat MSi dan Frengki Simanjuntak SE MSi sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan diusung pada Pilkada Taput 2018.


Rapat tersebut dipimpin Ketua DPD II Partai Golkar Taput FL Fernando Simanjuntak didampingi Ketua Harian Reguel Simanjuntak dan Sekretaris Marudut Gultom, dihadiri pengurus harian dan pengurus kecamatan se-Taput di sekretariat partai Jalan Raja Johannes Hutabarat.

Pleno penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan dua tahap yakni tahap pertama untuk calon bupati.

Fernando Simanjuntak menjelaskan dari sejumlah nama yang mendaftar pada tim penjaringan, hanya Jonius Taripar Hutabarat yang menyikapi pencalonannya hingga ke DPD I Sumut dan DPP di Jakarta. "Dia mendapat dukungan dominan dari pengurus tingkat provinsi Sumut dan pengurus pusat. Jadi penetapannya harus mendapat legitimasi pengurus tingkat kabupaten," katanya.

Melalui kesepakatan seluruh pengurus kecamatan dan pengurus harian kabupaten maka Jonius Taripar Hutabarat ditetapkan sebagai calon Bupati Taput dari Partai Golkar.

Ia adalah polisi aktif yang  baru saja minggu lalu melakukan serah terima jabatan selaku Kapolres Tapanuli Utara dan kini bertugas di Polda Sumut.
Sementara untuk calon wakil bupati rapat pleno diskor berhubung belum adanya kesepakatan untuk satu nama dan dominan peserta rapat menginginkan calon wakil adalah kader partai karena calon bupati tidak dari kader.

Ada tiga nama dari kader Partai Golkar Taput yang mengemuka dan terdaftar di tim penjaringan yakni Ketua DPD II Golkar Taput FL Fernando Simanjuntak yang juga anggota DPRD Sumut, Reguel Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Taput dan Ronal Simanjuntak anggota DPRD Taput. 

Namun ketiganya menyatakan ketidaksediaan ditetapkan sebagai calon wakil bupati dengan berbagai alasan, antara lain kesehatan oleh Fernando.

Dengan demikian sesuai ketentuan DPP maka calon bupati diberikan kewenangan untuk mengajukan calon wakilnya untuk ditetapkan melalui pleno.

Setelah skor dicabut, maka pada rapat pleno tahap kedua ini Taripar mengajukan wakilnya Frengki Simanjuntak yang juga anggota DPRD Taput dan pengurus Partai Hanura Taput. 

Keduanya pun hadir dalam rapat pleno tahap dua tersebut dan menyampaikan permohonan untuk diterima dan diusung Partai Golkar. 

Akhirnya rapat pleno menetapkan keduanya sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Taput Partai Golkar pada Pilkada Taput 2018.