MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik pertama tingkat Provinsi Sumatera Utara 2017 kepada Kecamatan Medan Selayang yang diterima Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis dalam acara di Lapangan Merdeka Medan.

Terbaik kedua diraih Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai,  juara tiga, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi dan juara harapan satu diraih Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjung Balai,  juara harapan dua  Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan serta juara harapan tiga diraih Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar.

Gubsu Tengku Erry Nuradi juga menyerahkan penghargaan kepada Danramil 07 Medan Tuntungan dan Kapolsek Medan Selayang karena koordinasi dan kerjasama masyarakat yang baik antara Camat, Muspika, stakeholder dan semua elemen masyarakat dalam mensukseskan pembangunan didaerahnya.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry menekankan pentingnya aparatur di daerah, dalam hal ini Wali Kota dan Camat untuk mengoptimalkan peran kecamatan dalam pelayanan publik. ‘’Kami minta Wali Kota dan para Camat se-Provinsi Sumatera  untuk melakukan percepatan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten),’’ sebut Erry. 

Sedangkan, penilaian aspek kecamatan terbaik, lanjut Erry, dinilai dari berbagai aspek seperti penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan termasuk partisipasi masyarakat yang ada di kecamatan tersebut.  

“Dari aspek pemerintahan, salah satunya adalah menerapkan program Paten. Ini harus segera dilaksanakan di seluruh kota yang ada di Sumatera Utara,’’ tandas Erry.

Tengku Erry pada kesempatan itu juga mengharapkan kepada camat yang memperoleh penghargaan bisa menjadi contoh bagi kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di tingkat kecamatan.

“Dengan penghargaan ini nantinya  kecamatan-kecamatan lainnya berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” sebutnya.

Selain itu, Gubsu Erry juga berharap prestasi yang didapatkan hari ini setelah melalui seleksi tingkat provinsi Sumut nantinya perolehan penghargaan yang sama dapat diraih untuk tingkat nasional. “Diharapkan di level nasional nantinya kecamatan yang memperoleh prestasi di tingkat provinsi bisa mewakili Sumut di level nasional dengan perolehan penghargaan yang sama,” ujarnya.

Tengku Erry tak lupa mengucapkan selamat kepada Camat termasuk juga Danramil serta Kapolsek yang telah memberikan salah satu bentuk dukungan konkrit terhadap pembangunan di Provinsi Sumatera Utara. 

“Saya memandang penting memberikan apresiasi dengan harapan momen ini menjadi pemicu peningkatan kinerja bagi seluruh unsur kecamatan di masa mendatang,” tutur Erry.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Medan. Dzulmi Eldin mengharapkan prestasi yang diperoleh Kecamatan Medan Selayang yang meraih juara pertama tingkat Provinsi Sumatera Utara menjadi kecamatan terbaik tahun 2017 menjadi motivasi bagi kecamatan-kecamatan lain di Kota Medan khususnya.

“Prestasi yang telah diperoleh Medan Selayang diharapkan bisa memotivasi kecamatan-kecamatan lain untuk berbenah diri demi Kota Medan yang lebih baik dan Sumatera Utara yang lebih Paten,” ujar Dzulmi Eldin kepada wartawan.

Sebelumnya, Panitia Pelaksana Kepala Biro Pemerintahan Afifi Lubis mengatakan pada tahun 2017 penentuan Juara Tunggul Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara mengalami perubahan penentuan juara,  di mana selama ini untuk menentukan juara 1 antara kabupaten kota disatukan namun pada tahun 2017 ini dipisahkan.

Ini dilakukan untuk lebih memotivasi camat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, maka di kabupaten kota masing-masing mempunyai juara 1 2 3 Harapan 1 2 dan 3 tingkat kota dan tingkat kabupaten,” ujar Afifi seraya menyebutkan untuk tahun 2017 Tunggul Kecamatan Terbaik kategori Kota penghargaan diberikan kepada 6 kota dari 8 kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara.