PONTIANAK - Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Yusniarsyah mengatakan, ada sekitar lima menteri yang sudah menyatakan kesiapan hadir mendampingi Presiden RI Joko Widodo saat Natal Nasional 2017 di Rumah Radakng Pontianak, Jalan Sutan Syahrir pada Kamis (28/12/2017).

"Sudah ada lima menteri yang menyatakan siap hadir. Sudah hadir H-1 pelaksanaan diantaranya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yembise dan Menteri ESDM Ignasius Jonan," ungkapnya kepada awak media, Rabu (27/12/2017) sore.

Satu menteri yang akan menyusul pada hari H pelaksanaan adalah Menteri Agama yakni Lukman Hakim Saifuddin. Selain empat menteri yang hadir pada H-1, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta, Mahyudin dan EE Mangindaan juga dipastikan sudah berada di Pontianak.

"Kita masih menunggu sampai ada informasi lanjutan. Apakah ada menteri lain yang akan hadir. Untuk tamu luar negeri tidak ada diundang, karena perlu berurusan dengan Kementerian Luar Negeri kan," terangnya.

Yusniarsyah memaparkan rangkaian agenda yang akan dihadiri oleh orang nomor satu di Republik Indonesia itu.

Jokowi didampingi oleh para menteri serta Kepala Kepolisian Indonesia (Kapolri) dijadwalkan sampai di Bandara Internasional Supadio Pontianak pada Kamis (27/12/2017) pukul 08:00 WIB.

"Lalu, Pak Presiden langsung menuju Masjid Mujahidin. Beliau menghadiri acara pembagian sertifikat tanah untuk 5.500 orang dari tujuh provinsi yang ada di Indonesia," jelasnya.

Usai penyerahan sertifikat, Presiden akan menyempatkan diri tunaikan salat berjamaah di Masjid Raya Mujahidin. Usai salat berjamaah, Presiden akan rehat sejenak di Hotel Aston.

"Sekitar pukul 16:00 WIB, Presiden akan membuka secara langsung perayaan NatalOikumene Nasional 2017 di Rumah Radakng," imbuhnya.

Yusniarsyah memperkirakan acara akan berlangsung kurang lebih sekitar dua jam. Usai acara Natal Oikumene Nasional, Presiden akan langsung bertolak kembali ke Jakarta.

"Pak Presiden RI akan pulang kembali ke Jakarta sekitar pukul 18:30 WIB," tukasnya.

Sementara itu, dari pantauan GoNews.co, Pimpinan MPR yakni Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Wakil Ketua MPR Mahyudin dan Wakil Ketua MPR EE Mangindaan, sudah berada di Hotel Grand Mahkota, Kamis (28/12/2017).

Pagi ini rencananya rombongan pimpinan MPR ini akan langsung menuju Masjid Mujahidin Pontianak. ***