PLN Area Operasikan Mesin Baru Menuju Nias Terang

PLN Area Operasikan Mesin Baru Menuju Nias Terang
Rabu, 27 Desember 2017 12:38 WIB

GUNUNGSITOLI  - Menuju Nias terang, PLN area Nias menjawab harapab masyarakat dengan mendatangkan mesin baru (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Gunungsitoli Moawo.

Hal ini dikatakan Manajer PLTD Gunungsitoli Moawo C Mei Henston Pardede saat dihubungi melalui selularnya.

Ia mengatakan beberapa jenis mesin didatangkan ke Nias seperti trafo dan panel baru yang berhasil mengoperasikan 6 buah genset 3512B Caterpilar x 1000 Kw atau sebanding dengan 6 MW.

Selain mesin, kata Henston Pardede, PLN area Nias mempunyai Trafo Step Up sebagai trafo pembangkit dari tegangan 400 VVolt ke 20 KV dan panel kontrol genset baru yang difungsikan d PLTD Moawo.

Ads
Manajer PLN Area Nias Poltak Samosir mengatakan pihaknya terus berupaya melaksanakan program-program kerja yang konkrit yang dapat dilakukan menuju Nias terang.

"Satu upaya yang dilakukan PLN sejak awal adalah mempersiapkan unit pembangkit backup sistem kelistrikan Nias. Sistem utama Nias tentunya dari pembangkit yang ada di Idanoi,"katanya.

PLN, kata Poltak, juga berpikir sejak awal bagaimana jika unit di Idanoi butuh pemeliharaan atau mengalami gangguan.

"Tentunya backup daya perlu dipersiapkan dan unit mesin baru di Moawo yang menjadi jawabannya,"ujarnya.

Ia mengaku bersyukur karena apa yang dipersiapkan dapat selesai tepat waktu dan dapat dioperasikan sesuai daya mampunya. "Sehingga Pulau Nias dapat terhindar dari pemadaman karena kekurangan daya,"katanya.

Dikatakannya, sistem kelistrikan di Pulau Nias sebesar 58 MW sementara kebutuhan pelanggan hanya 30 MW.

"Sudah jelas kita punya cadangan daya sebesar 28 MW. Ini cadangan daya yang besar untuk menyambut kebutuhan listrik baru bagi kemajuan ekonomi masyarakat Nias,"ujarnya seraya menyatakan ini adalah sinyal untuk mendatangkan investor ke Nias.

Editor : Wen
Sumber : tribun
Kategori : Sumatera Utara, Gunungsitoli, Pemerintahan
www www