PARAPAT - Tiga unit mobil jenis Pick-Up yang diparkir di pelabuhan Tiga Raja Parapat mengganggu aktivitas penumpang Kapal di Pelabuhan Tigaraja, Parapat, Simalungun, Selasa (26/12/2017). Pelabuhan tersebut merupakan satu dari labuhan utama yang melayani penyeberangan dari Tiga Raja Parapat menuju Pulau Samosir, yakni pelabuhan Tomok dan Tuktuk.

Terpantau, penumpang yang baru tiba dan baru turun dari Kapal penyeberangan terhalangi mobil yang parkir. Dermaga tempat kapal berlabuh tersebut seharusnya tidak terhambat oleh pemandangan mobil yang diparkir.

Warga setempat, Yosefin, menuturkan mobio tersebut adalah milik sejumlah pedagang. Katanya, mobil tersebut tidak hanyanparkir sementara dan bisa seharian.

"Biasanya, bisa seharian ini mobilnya parkir di sini. Orang-orang yang ingin turun dan naik ke kapal pun jadi terganggu,"Sebutnya.

Menurut Yosefin, mobil yang parkir di dermaga itu selain mengganggu aktifitas pelabuhan, juga mengurangi estetika keindahan pelabuhan. Apalagi pada tanggal-tanggal tertentu seperti hari Natal dan Menjelang Tahun Baru 2018, orang-orang yang beraktifitas di Pelabuhan menjadi terhalang.

Aak Buah Kapal (ABK) yang menaikkan dan menurunkan sepeda motor penumpang ke dalam kapal juga terlihat kesulitan. Akibat parkir mobil di dermaga, pelabuhan menjadi sesak dan tak bebas untuk dilalui.