MEDAN-Mendekati perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) 1 mencatat semua jenis bahan bakar minyak (BBM) alami peningkatan pasokan.


Berdasarkan pantauan Tim Satgas Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 atau disebut dengan Satgas NARU di Kantor Unit MOR I di Medan, pasokan Premium pada H-2 Natal atau 23 Desember 2017 sebanyak 47%, di atas rata-rata penyaluran normal harian, atau menjadi 6.069 kilo liter (KL) per hari. Begitu juga dengan pasokan Solar sekitar 19 persen menjadi 8.445 KL, mulai naik dibandingkan dengan sehari sebelumnya.

Adapun, pasokan Perta Series juga masih di atas rata-rata normalnya, yaitu 8.490 KL Pertalite yang setara dengan 24%di atas rata-rata harian, Pertamax 54% di atas rata-rata harian menjadi 1.378 KL, dan Pertamax Turbo penyalurannya mencapai 396 KL atau 57% di atas normal.

Sementara itu, pasokan Pertamina Dex masih 20% di atas rata-rata normal menjadi 24 KL. Pasokan Avtur 22% dari rata-rata penyaluran harian normal menjadi 1.528 KL seiring dengan peningkatan penerbangan ke wilayah dengan konsentrasi perayaan Natal yang tinggi di Sumbagut.

“Stok rata-rata BBM untuk area Sumbagut saat ini berada pada level batas aman dan Pertamina senantiasa menjamin stok selalu dipertahankan pada level tersebut, termasuk pada saat puncak masa mudik atau balik Natal dan Tahun Baru. Kepada pemudik kami berpesan untuk senantisasi berhati-hati dalam perjalanan sehingga dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman di rumah,” kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR 1, Rudi Ariffianto.

Guna menjaga pasokan bahan bakar, Pertamina MOR I telah mempersiapkan SPBU Kantong di 7 lokasi yang menjadi pusat konsumsi BBM tertinggi di wilayah MOR I, yaitu di Kota Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Humbang Hasudutan dan 2 SPBU Kantong Kabupaten Karo.

Penyediaan kantong SPBU berupa mobil tangki dengan muatan BBM agar pelayanan dan distribusi dapat lebih cepat mengantisipasi jalur yang padat di jalan.

Pertamina juga menyiagakan satu Kiosk Pertamax di Jalan Tol Kualanamu – Tebing Tinggi, dimana Kiosk Pertamax akan menyediakan bahan bakar dalam kemasan yang aman, sehingga praktis untuk dibawa.

Pertamina MOR I juga membentuk tim satgas Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (NARU) guna menjaga keamanan saluran distribusi produk. Tim satgas akan bersiaga di kantor region Pertamina MOR I, kantor cabang, TBBM hingga Depot LPG di seluruh wilayah MOR I. Periode satgas dimulai pada tangal 18 Desember 2017 dan berakhir pada tanggal 7 Januari 2017.

Apabila terdapat keluhan maupun informasi terhadap layanan dan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Contact Center Pertamina 1-500-000.