JAKARTA - Masih bingung mau rayakan pergantian tahun baru dimana? Mau coba sesuatu yang menantang dan antimainstream? Coba deh tengok Festival Tahun Baru Bukit Pergasingan 2017, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dijamin, Anda akan mendapatkan malam tahun baru yang paling mengesankan.

Festival Tahun Baru Bukit Pergasingan ini akan digelar pada 31 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Tahun ini, akan berbeda dengan festival pada tahun lalu. Karena panitia selain menyajukan indahnya pemandangan bukit pergasingan, juga mengadakan lomba foto firework Selfie.

"Yang sedang berada di Lombok sangat rugi jika tidak ambil bagian dalam momen ini. Merayakan tahun baru di Bukit Pergasingan dengan ketinggian 1700 mdpl, pasti sangat seru. Ini akan membawa pengalaman yang tak akan mudah dilupakan," ujar ketua panitia Festival Tahun Baru Bukit Pergasingan, Masturi, Senin (25/12).

Bila biasanya kembang api disaksikan di tempat-tempat keramaian kota, di festival ini keindahan kembang api akan disaksikan dengan latar belakang eksotisme Gunung Rinjani. "Syaratnya mudah, cukup memposting foto-foto selfie dengan hastag #FestivalTahunBaruBukitPergasingan. Pemenang lomba akan langsung diumumkan keesokan harinya dan mendapatkan hadiah menarik tentunya," tutur Masturi.

Bukit Pergasingan sendiri tak sulit dicari. Letaknya tak jauh dari Gunung Rinjani. Tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika Anda ingin menuju ke bukit ini, waktu yang ditempuh untuk menuju Desa Sembalun dari Kota Mataram sendiri bisa ditempuh selama sekitar 2-3 jam.

Nah, bagi yang mnat ke sana, pendakian ke Bukit Pergasingan akan didukung trekking organizer (TO). Para TO ini menyediakan seluruh kebutuhan pendakian, mulai dari tenda, matas, sleping bag, kompor portable, termasuk jasa porter/guide.

Sewa seluruh perlengkapan menginap sekitar Rp 175 ribu. Tendanya bisa menampung 3 orang. Pastikan membawa jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan dan kais kaki tebal. Dan jangan lupa, siapkan air minum dan makanan cukup.

"Silakan datang ke Lombok Timur. Kami akan menunggu Anda di kaki bukit. Kami akan menemani Anda naik ke atas bukit untuk rame-rame merayakan malam tahun baru bersama," pungkas Masturi.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, setiap perayaan Tahun Baru bisa menjadi salah satu atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan. Momentum perayaan Tahun Baru pun bisa menjadi kampanye terdepan untuk menunjukan wajah tanah air dalam Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia sekaligus.

“Kami selalu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan kebersihan selama berwisata. Buktikan pada dunia, bahwa Indonesia aman, tertib, bersih, sejuk, indah, dan ramah,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya pun meminta kepada setiap wisatawan untuk aktif membantu dan memviralkan program Wonderful Indonesia.

"Caranya gampang. Setiap kali beraktivitas di Lombok jangan lupa ambil foto atau video, lalu mempostingnya di media sosial masing-masing. Jangan lupa tambahkan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia lalu ketik nama lokasi daerah wisata dan kuliner yang dikunjungi juga dinikmati. Selamat menikmati pesta Tahun Baru,” papar Menpar Arief Yahya. ***