TAPANULI SELATAN - Tim gabungan personel Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) bersama personel Kodim 0212/TS melakukan patroli gabungan skala besar di wilayah hukum Polres Tapsel, Minggu (24/12/2017). Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal didampingi Kasat Reskrim, AKP Ismawansa dan Kasat Sabahara AKP Edy Sudrajat, dan 100 personel langsung bergerak menuju wilayah Kecamatan Batang Toru, Tapsel menggunakan sepeda motor usai menggelar apel pagi.

Di Kecamatan Batang Toru, selain meninjau kesiapan pos pengamanan Parsariran, tim mengunjungi empat gereja, yakni Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) dan GKPA (Gereja Kristen Protestan Angkola) di Desa Padang Lancat, HKBP dan Kalam Kudus Batang Toru.

Menurut Kapolres, patroli gabungan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman bagi warga dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Polisi hadir di tengah masyarakat untuk melayani dan bukan dilayani. Untuk itu memberikan pelayanan dalam keamanan serta kenyaman bagi masyrakat adalah tugas dan tanggung jawab kami sebagai polisi," sebut Kapolres di Gereja Kalam Kudus Batang Toru.

Kata Kapolres, pengamanan Operasi Lilin Toba 2017 di tiga Kabupaten (Tapsel, Palas, Paluta) yang masuk dalam wilayah hukum Polres Tapsel, telah didirikan 5 pos pengamanan dan 4 pos pelayanan. Kemudian, untuk memaksimalkan pengamanan, telah disiagakan juga Tim Sniper (Penembak Jitu) yang telah terlatih dari Detasemen C Brimob Tapsel.

"Selain mendirikan Pos Pengamanan dan Pos pelayanan. Kita telah menyiagakan sniper untuk memback-up Operasi Lilin Toba ini untuk pengamanan di tempat-tempat ibadah maupun di jalan. Di jalan kita mengantisipasi kejahatan berbentuk premanisme maupun begal. Empat personel sniper kita tempatkan di masing-masing kabupaten," tambah Iqbal.

Atas kunjungan Kapolres Tapsel bersama tim gabungan yang dipimpinnya, masyarakat merasa senang dan kaget melihat upaya kepolisian maupun TNI dalam memberikan pelayanan kemanan kepada warga.

Hal ini seperti yang diucapkan Pendeta Gereja Kalam Kudus Batang Toru.

"Kami sebagai warga mengucapkan terima kasih kepada Polisi khususnya Kapolres Tapsel karna telah terjun langsung kelapangan untuk memantau situasi dan kondisi kemanan dalam memperingati Natal dan Tahun Baru ini. Jujur, kami kaget dan senang atas kedatangan tim gabungan ini," ucap Pendeta.