HUMBAHAS - Arus mudik lewat jalur darat hingga H-1 Natal 2017, Minggu (24/12/2017), di Tapanuli Utara (Taput) dan Humbanghasundutan (Humbahas), Sumatera Utara terpantau masih sepi. Pantauan di seputar ruas jalan provinsi di Kecamatan Siborongborong (Taput) dan Doloksanggul (Humbahas) pada km 5.tergolong masih relatif sepi dibandingkan mudik tahun 2016.

Ruas jalan yang dilintasi para pengguna jalan terlihat sepi. Kalaupun mobil yang melintas masih didominasi seri nomor polisi wilayah Sumatera Utara sekitarnya. Sebagian mobil bernomor polisi seri Provinsi Riau dan Pulau Jawa.

Sepinya arus mudik menggunakan jalur darat kemungkinan berkaitan dengan diresmikannya Bandara Silangit menjadi bandara internasional oleh presiden beberapa bulan lalu, Hal tersebut dikatakan H Tampubolon( 40), salah satu warga Kecamatan Siborongborong.

Berbeda hal yang dikatakan, R Sihombing(81). Menurutnya, sepinya arus mudik bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.itu adalah dampak berkurangnya kepedulian dan kerinduan akan bonapasogit (kampung halaman), sehingga tradisi pulang kampung untuk berkumpul pada setiap malam Natal dan pergantian tahun Baru sebagai pertanda semakin terkikis semangat kekeluargaan.

Kadis Perhubungan Taput Erik Siagian dan Kadis Perhubungan Humbahas, Jaulim Simanullang yang dikonfirmasi soal situasi arus lalulintas belum memberikan jawaban.