MEDAN-Informasi yang menyebutkan bahwa sejumlah penyakit tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan merupakan informasi “hoax”.

Sampai saat ini, BPJS menanggung biaya seluruh penyakit sesuai dengan indikasi kesehatannya.

Hal itu diungkapkan oleh Buara Pranata Ginting mewakili BPJS Kesehatan Medan saat reses III 2017 anggota DPRD Kota Medan, Bangkit Sitepu di Kantor Camat Medan Tuntungan, Jalan Bunga Melati.

“Ada 8 penyakit yang disebarkan oleh oknum yang tak bertanggungjawab terkait penyakit yang tak ditanggung itu. Saya lupa, penyakit-penyakit apa saja. Namun yang pasti, informasi itu hoax alias tidak benar. Sampai sekarang, BPJS masih mengcover seluruh penyakit sesuai indikasi kesehatan sampai sembuh,” jelasnya saat reses tersebut.

Sebelumnya, warga Medan Tuntutangan, Sabar Tarigan mempertanyakan masalah informasi beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

“Saya pernah membaca, ada beberapa penyakit yang tak ditanggung BPJS Kesehatan katanya. Saya mau tanya, apakah benar informasi itu,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Medan dari Dapil II, Bangkit Sitepu mengungkapkan agar masyarakat tidak menerima informasi tanpa dikroscek kebenarannya terlebih dahulu.

“Jangan langsung percayalah. Pastikan dulu informasinya dari instansi terkait,” paparnya.

Selain itu, Bangkit Sitepu juga meminta kepada warga Medan Tuntungan dan sekitarnya untuk menyampaikan aspirasinya secara tertulis agar bisa diteruskan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Tolong buatkan segera suratnya. Apalagi terkait pembangunan. Tulis permohonannya di surat agar saya sampaikan ke Pemko Medan. Mudah-mudahan di 2018 bisa dikerjakan,” ungkapnya.