LANGKAT - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut) menghadirkan Kas Titipan di Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat. Kas Titipan tersebut berada di Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Pangkalan Brandan merupakan yang ke-8 di Sumut dan ke 113 di seluruh lndonesia. Kepala BI Sumut Arief Budi Santoso mengatakan, pembukaan layanan kas ini merupakan bentuk kerja sama antara pihaknya dengan Bank Mandiri.

"Layanan Kas Titipan ini merupakan kegiatan penyediaan uang milik Bank Indonesia yang dititipkan kepada salah satu bank, untuk mencukupi persediaan kas bank-bank dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat di suatu wilayah atau daerah tertentu. Yaitu, daerah yang lokasinya relatif jauh dari Kantor Bank Indonesia setempat," terang Arief disela-sela peresmian pembukaan Kas Titipan tersebut, Kamis (21/12/2017).

Menurutnya, pembukaan Kas Titipan merupakan pelaksanaan dan tindak lanjut atas amanat Undang-undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang. Dan, dapat dimaknai sebagai wujud nyata Bank Indonesia serta perbankan daerah untuk memberikan layanan penyediaan Uang Rupiah kepada masyarakat, dalam jumlah yang cukup, pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kualitas baik/kondisi yang layak edar.

"Harapannya dengan kehadiran Kas Titipan di Pangkalan Brandan, perbankan di Kabupaten Langkat dapat memanfaatkan layanan tersebut, sehingga masyarakat setempat dan sekitarnya akan lebih mudah untuk memperoleh uang rupiah layak edar. Selain itu dapat menunjang aktivitas transaksi ekonomi di Kabupaten Langkat dan sekitarnya," beber Arief.

Sebelumnya layanan Kas Titipan Bl di Sumut ini terlebih dahulu beroperasi terlebih di Tebing Tinggi, Kabanjahe, Gunung Sitoli, Padang Sidimpuan, Balige, Rantau Prapat dan Kisaran.