MEDAN-Partai Amanat Nasional (PAN) masih tetap yakin Letjen Edy Rahmayadi akan tetap maju di Pilgub Sumut 2018 meski mutasi Edy dari Pangkostrad dibatalkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sebagai salah satu partai pengusung, PAN tetap berkeyakinan akan tekad Edy untuk maju di Pilgub dan memajukan Sumut. "Kita yakin, Insya Allah Pak Edy tetap maju. Ini politik, masalah goyang menggoyang itu biasa," kata Ketua DPW PAN Sumut, Yahdi Khoir Harahap, Rabu (20/12/2017).

Menurutnya, pembatalan mutasi tidak juga berarti bahwa Edy akan batal pensiun untuk memenuhi persyaratan maju di Pilgub. Ketua Fraksi PAN DPRD Batubara ini berkeyakinan, Edy akan pensiun pada waktunya untuk mendaftar sebagai calon gubernur ke KPU.

"Kalau nanti yang berwenang tidak memberi dia pensiun, dia mengundurkan diri kan tak masalah. Itulah pengorbanan Pak Edy. Beliau sudah punya tekad untuk membangun Sumut," ungkapnya.

Pembatalan mutasi ini menurut Yahdi mengindikasikan adanya upaya mengganjal pencalonan Edy. Edy saat ini menurutnya, popularitas dan elektabilitasnya terus meningkat.

"Dalam politik itu, ada rivalitas persaingan. Jangankan Pilkada, main bola saja, kalau bisa lawannya tidak datang, menang WO. Tapi Pak Edy itu semakin dihambat-hambat lebih bagus," pungkasnya.

Sebelumnya, Gerindra, PKS dan PAN telah mengumumkan dukungannya pada Edy Rahmayadi untuk maju di Pilgub Sumut.