BUPATI Labuhanbatu H Pangonal Harahap didampingi Plt. Kepala Dinas Kominfo H Muhammad Ihsan Harahap dan Kabid Anggaran Salman, Selasa (19/12/2017) telah menerima DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Tahun Anggaran 2018 dari Gubernur Sumatera Utara Ir. H.Tengku Erry Nuradi, Martabe Kantor Gubsu. Sebelum DIPA tersebut diserahkan kepada Bupati Labuhanbatu serta sejumlah Bupati/Walikota se-Sumatera Utara itu, Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi mengatakan, penyerahan DIPA ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN Tahun 2018 yang telah disepakati DPR bersama pemerintah pada akhir Oktober 2017 lalu.

"Pelaksanaan Penyerahan DIPA Tahun 2018 ini dilakukan lebih awal, yang bertujuan agar pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah dapat lebih baik lagi dari tahun 2017 yang lalu. Ini menunjukkan langkah nyata serta (memberikan) manfaat kepada rakyat Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara," jelas Gubsu.

Menurut Gubsu, total alokasi APBN Tahun 2018 yang diterima Provinsi Sumatera Utara mencapai Rp21,54 triliun dan besaran dana transfer ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota termasuk Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Desa mencapai Rp40,92 triliun yang sebagian besar belanja di APBN Tahun 2018 tersebut dibiayai dari perpajakan, dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di akhir pidatonya, Erry mengingatkan kepada para Bupati/Walikota se-Sumatera Utara bahwa dalam pengelolaan APBD kiranya anggaran tersebut lebih besar intinya dari pada pendampingnya.

"Gunakanlah DIPA ini untuk memperkuat sinkronisasi dan sinergi antara kegiatan yang didanai dari Belanja APBD Provinsi, APBD Kabupaten/Kota dan desa sesuai dengan kewenangan masing-masing," pintanya.

Sementara itu, Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap mengungkapkan dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi yang telah menyerahkan DIPA Tahun Anggaran 2018 kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

“Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan APBD dengan menyusun dan melaksanakan APBD secara terukur berbasis output dengan memastikan alokasi anggaran agar benar-benar dimanfaatkan untuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang memiliki nilai tambah yang besar bagi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu,” kata Pangonal Harahap.