MEDAN - Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Sumatera Utara (Sumut) menjamin stok beras medium di Sumut aman hingga perayaan Natal dan Tahun Baru mendatang. Kepala Perum Bulog Divre Sumut, Benhur Ngkaimi menyatakan, stok beras yang ada saat ini mencapai sekitar 40 ribu ton. Stok tersebut dapat mencukupi sampai April atau lima bulan ke depan.

"Stok yang ada di gudang Bulog masih akan terus bertambah dari provinsi lainnya. Seperti Sulawesi Selatan, Pulau Jawa, dan sebagian produksi dari lokal," tutur Benhur, Selasa (12/12/2017).

Dia menyebutkan, dengan stok yang ada tersebut diharapkan kepada masyarakat tak perlu khawatir dengan isu-isu yang tak bertanggung jawab. Sehingga, melakukan pembelian secara masif atau dalam jumlah yang banyak.

"Pemerintah akan terus hadir di tengah masyarakat untuk menyiapkan kebutuhan, terutama terhadap harganya yang dapat terjangkau," kata Benhur.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok pihaknya menggelar operasi pasar di Medan. Operasi pasar ini digelar di beberapa lokasi pasar tradisional menjelang perayaan Natal & Tahun Baru.

"Operasi pasar yang dilakukan terus berjalan dan lebih masif lagi. Artinya, bahan pokok yang disediakan lebih banyak sesuai kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Diutarakan dia, dalam operasi tersebut disediakan beberapa kebutuhan pokok seperti beras medium, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, bawang putih dan cabai merah. Bahan-bahan kebutuhan tersebut dijual dengan harga murah dibanding yang dijual di pasaran.

Antara lain, Rp8.100/kg (beras), Rp12.000/kg (gula pasir), Rp12.000/kg (minyak goreng), Rp15.000/kg (bawang merah), Rp15.000/kg (bawang putih) dan Rp35.000/kg (cabai merah)

"Operasi pasar ini akan terus digelar hingga harga-harganya relatif stabil dan bahkan diperluas tidak hanya di pasar tradisional saja. Tetapi, ditingkat distributor hingga pengecer yang ada di Kota Medan. Untuk di pasar tradisional lainnya akan dilakukan di Pusat Pasar Medan dan Pasar Sei Mati," tandasnya.