MEDAN-Ratusan warga Medan ikuti audisi Liga Dangdut Indonesia yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi swasta kini digelar di Sumatera Utara tepatnya Kota Medan.


Audisi ini telah berlangsung pada 28 provinsi di seluruh Indonesia dan ratusan talenta muda menyerbu Mako Brimobda Sumut di Jalan KH Wahid Hasyim, Medan.
 
Corporate Relation Indosiar, Margaretta Putri menuturkan, audisi di Sumut serentak digelar pada dua provinsi lainnya yaitu Yogyakarta dan Banten.
 
"Ajang pencarian bakat penyanyi dangdut terbesar dan terbaru ini akan menjaring bakat-bakat penyanyi dangdut terbaik di 34 provinsi Indonesia. Sebab, musik dangdut yang menjadi khasanah musik indonesia semakin diminati oleh banyak kalangan," ujar Margaretta ditemui disela-sela audisi.
 
Menurut dia, ajang pencarian bakat ini nantinya tidak hanya bertujuan memunculkan bintang-bintang dangdut berbakat dari masing-masing provinsi. Melainkan, juga mengangkat potensi dan kebudayaan lokal dari daerah.
 
"Kami berharap program Liga Dangdut Indonesia ini dapat menjadi program inspiratif yang tidak hanya menghibur. Tetapi, juga dapat menyatukan 34 Provinsi melalui seni," ungkap Margaretta.
 
Disebutkannya, kompetisi ini ditujukan bagi pria atau wanita berusia minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut. Dari setiap provinsi akan dipilih lima peserta terbaik yang akan melanjutkan kompetisi di Jakarta, dan tampil on air dalam program Konser Nominasi untuk mencari satu pemenang melalui polling SMS.
 
"Satu peserta terbaik tiap provinsi berhak melaju ke putaran final dan bertemu dengan seluruh juara provinsi lainnya," terang Margaretta.
 
Ia menambahkan, gelaran ini merupakan pertama kalinya talenta-talenta dangdut terbaik dan & promosi Indonesia akan berkompetisi dalam satu panggung dengan membawa berbagai kekayaan budaya di tiap daerah.
 
Sementara, salah seorang peserta audisi bernama Abdul mengaku sangat antusias mengikutinya. Dia berharap dapat lolos ke tahap berikutnya.
 
"Sangat senang tentunya bisa ikut audisi ini. Selain menambah pengalaman juga ingin mewujudkan mimpi saya menjadi penyanyi dangdut terkenal," tutur peserta audisi asal Medan ini.
 
Untuk diketahui, audisi Liga Dangdut Indonesia sebelumnya telah bertangsung di Gorontalo, Bengkulu, Maluku, Jambi, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara.
 
Kemudian, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, NTB, Sulawesi Barat, Aceh, Maluku Utara, NTT, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Papua, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Jakarta.