DOLOKSANGGUL - Gubernur Sumut (Gubsu),Tengku Erry Nuradi akan membuka secara resmi Festival Danau Toba 2017 di objek wisata Sipinsur, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (7/12/2017).

Informasi yang diperoleh, hingga pukul 11.20 WIB, Gubsu masih di Gedung MICC, Jalan. Gagak Hitam, Medan, menghadiri Dialog Umat Beragama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Sumatera Utara, dengan pembicara Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

FDT berlangsung 6-9 Desember 2017. Setiap undangan kabupaten/kota pada acara ini telah membuat stand dan menampilkan hasil kerajinan tangan masing-masing daerah.

Pada FDT ini, sejumlah acara dan kegiatan teah dan akan dilakukan, di antaranya Dragon Boat (Solu Bolon), Lari Lintas Alam dan Renang. Sebelum pelaksanaannya di mulai, Bupati bersama Unsur Pimpinan Kecamatan Baktiraja, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat/adat melakukan acara Mangebang atau Maraek Tio yang dirangkaikan dengan terlebih dulu ibadah singkat dan makan itak gurgur, lampet dan pisang sitonggi-tonggi. Acara ini memohon kepada Tuhan agar pemakaian Dragon Boat (Solo Bolon) ke depannya sehat-sehat.

Nantinya ada 7 Dragon Boat (Solon Bolon) yang akan digunakan pada perlombaan. Setiap desa yang ada di Kecamatan Baktiraja memiliki sebuah Dragon Boat yaitu Desa Sinambela, Desa Simamora, Desa Siunungunung Julu, Desa Simangulampe, Desa Marbun Toruan, Desa Marbun Tonga Dolok dan Desa Tipang.

Sebelumnya, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengharapkan segala kesiapan Sipinsur bukan hanya pada saat Festival Danau Toba, tetapi benar-benar siap sebagai daerah wisata yang akan diminati wisata lokal maupun internasional.