DELISERDANG-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri peringatan Haul (ulangtahun) ke-15 Guru Saidi Syekh HAD Syarief Alam di Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa, Deliserdang.

Hadir disitu Guru Mursyid Saidi Syekh H Ghazali An-Naqsyabandi, Wakapolda Sumut  Brigjen Pol Agus Andrianto, mewakili Pangdam I Bukit Barisan, serta 10.000 jamaah Thariqat Naqsyabandiyah.

Tengku Erry dalam kesempatan itu, mengajak  umat Islam khususnya warga Sumut untuk meningkatkan keimanan sekaligus mempererat rasa kemanusian, keteladanan dan akhlaqul  karimah.

Menurut Gubsu yang juga Ketua Panitia Peringatan Haul tersebut dengan silaturahmi ini diharapkan akan semakin erat jalinan ukhuwah Islamiyah sebagai salah satu cerminan persatuan seiman, sebangsa dan setanah air.

Selain itu, peringatan Haul ini mengandung makna yang dalam, dalam karena selain mengenang kembali perjuangan Almarhum Syekh HAD Syarif Alam dalam mengembangkan Thariqat dan membina masyarakat juga mendorong kita untuk melanjutkan usaha dan karya  nyata yang telah beliau wariskan kepada generasi muda.

“Sebagai generasi penerus tuan guru Saidi Syekh HAD Syarif Alam sudah selayaknya dan kearifan beliau yang berjasa dan membangun pesantren. Persulukan Thariqat Nasyabandiyah Jabal Qubis ini layak kita jadikan contoh teladan bagi kita sekalian,’’ ucap Tengku Erry.

Kepada Pengurus Pesantren Saidi Syekh H Ghazali  An-Naqsyabandi, Erry berharap agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pesantren persulukan ini dengan lebih baik lagi pada masa mendatang.

Hal senada juga disampaikan Wakapoldasu Agus Andrianto bahwa umat Islam harus lebih memperdalam keimanan melalui belajar agama dari para guru/ ulama. "Dengan belajar pada ulama diharapkan umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ajaran sesuai dengan yang diberikan Rasulullah SAW," ujarnya.

Sementara pada laporannya panitia mengatakan Haul ini dimulai sejak 27 November 2017 hingga puncaknya 3 Desember 2017, dan hari pertama diikuti 1.825 jamaah. Pada hari puncak, Minggu (3/12/2017)  jumlah jamaah meningkat mencapai 10.000 orang.