MEDAN-Ratusan paranormal dari seluruh Indonesia akan meramaikan Festival Budaya Supranatural Nusantara yang diselenggarakan Forum Keluarga Paranormal Dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI ) selama 20 hari, 1-20 Desember 2017, di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Jalan Gatot Subroto, Medan.

Dewan Presidium DPP FKPPAI, M Azis Hidayatullah, menjelaskan, festival budaya ini baru pertama kali diselenggarakan di Provinsi Sumut dengan tujuan membudayakan pemahaman masyarakat tentang supranatural.

"Sebagai bangsa yang berbudaya mempunyai tanggung jawab moral untuk melestarikan budaya khususnya supranatural," ujarnya dalam konfrensi pers di PRSU, Medan, Rabu (29/11/2017).

Dikatakannya, selain melestarikan budaya dari leluhur, kegiatan ini juga mengurangi image bahwa paranormal dipandang sebelah mata. Ada yang sinis karena ulah dari sebagian kecil dari praktisi paranormal.

Menurutnya, sesuatu yang gaib itu bisa diwujudkan. Nantinya, ia bersama tim pemburu hantu mengajak masyarakat yang ingin kemasukan jin bisa. Selama ini hanya mediumnya, ini langsung masyarakat. "Nanti jinnya bisa dimasukkan di dalam botol dan bisa difoto dengan kamera handphone," ucapnya.

Festival budaya supranatural ini terbuka untuk umum dengan hanya membayar tiket masuk Rp 10.000 per orang dan pelajar Rp 5.000 perorang.

"Acara jam 10 pagi sampai jam 11 malam dengan berbagai even. Anak-anak sekolah bisa belajar sulap dan lainnya. Target pengunjung dari 1.000 sampai 1.500 orang," pungkasnya.