JAKARTA - Saat menutup Simposium Nasional yang bertemakan "Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan Model GBHN Sebagai Haluan Penyelenggaraan Negara", Wakil ketua MPR, Hidayat Nur Wahid kembali menegaskan pentingnya haluan negara.

"Simposium ini merupakan wujud tanggung jawab MPR untuk mendapatkan masukan tentang reformulasi sistem pembangunan nasional,” ujar Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW), Rabu (29/11/2017) di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta.

"Masalah ini merupakan isu strategis sehingga menjadi aspirasi masyarakat yang wajib dikelola dengan baik,” tambahnya.

Diakuinya, berbagai pikiran, gagasan, dan masukan tentang sistem perencanaan pembangunan nasional telah diterima. Semua masukan tersebut memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya keberadaan ‘haluan negara’ sebagai upaya mewujudkan  cita-cita nasional yang termaktub dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.

“Berbagai pendapat dan pandangan menyatakan haluan negara dipandang mendasar dan mendesak,” ujarnya.

Sebagai pimpinan MPR, HNW mengucapkan terima kasih atas masukan yang sangat berharga mengenai reformulasi sistem perencanaan pembangunan nasional model GBHN.

"Kami berharap simposium ini menjadi awal yang baik untuk mempercepat penyusunan materi mengenai haluan negara,” paparnya. ***