PARAPAT - Bupati Simalungun Jr Saragih bergerak cepat mengatasi longsor di Nagori Tigaras, Dusun Saragih Ras, Kecamatan Dolok Pardamean yang mengarah Pelabuhan Tigaras. Akibat longsor tersebut, mengakibatkan Jalan Amblas sepanjang 6 meter.

"Akses merupakan sentral penting masyarakat, otomatis akses jalan harus segera dibenahi," ucap Bupati Simalungun JR Saragih, Senin (27/11/2017).

Menurutnya, perbaikan serta pembenahan harus segera dilakukan sehingga aktivitas bisa kembali berjalan dengan normal. Pertumbuhan perekonomian juga bisa hidup kembali.

"Kita mengharapkan dalam dua sampai tiga hari ke depan kendaraan sudahh dapat melaluinya, aktivitas masyarakat pun bisa berjalan dengan baik," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Simalungun Mudahalam Purba menambahkan bahwa penanganannya untuk sementara sudah diarahkan dengan cara penimbunan tanah dan pasir berbatu kerikil fungsinya agar kendaraan roda dua dan empat dapat dilalui kembali.

"Untuk kendaraan bertonase besar tidak bisa melewati jalan tersebut, penimbunan tanah ini berfungsi agar masyarakat bisa beraktifitas kembali, apalagi jalan ini merupakan akses utama," tutupnya.