Simalungun-Ruas jalan kabupaten penghubung tiga kecamatan di Desa Tiga Ras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, amblas.

Akibatnya, hubungan transportasi dari kecamatan Dolok Pardamean menuju Kecamatan Haranggaol dan Pematang Sidamanik putus total.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun, Mudahalam Purba, mengatakan, akibat putusnya jalan di Desa Tiga Ras, selain mengganggu hubungan transportasi antar 3 kecamatan, jalan menuju Pelabuhan Tiga Ras juga sama sekali tidak dapat dilintasi. Warga yang akan menuju Samosir terpaksa melalui pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

“Jalan menuju pelabuhan Tiga Ras putus total, sehingga warga yang akan ke Samosir melalui pelabuhan tidak bisa melintas. Transportasi dari Kecamatan Dolok Pardamean menuju Kecamatan Haranggaol dan Kecamatan Pematang Sidamanik juga putus total,” ujar Mudahalam, Senin (27/11/2017.

Dia menambahkan, Pemkab Simalungun berupaya maksimal untuk melakukan penanggulangan sementara sehingga arus transportasi menuju pelabuhan dan dari Kecamatan Dolok Pardamean menuju Kecamatan Pamatang Sidamanik dan Haranggaol tidak terlalu lama terganggu.

Kapolsek Dolok Pardamean, AKP G Damanik yang dihubungi kemarin siang menambahkan, pihaknya belum dapat mengalihkan arus lalulintas menuju pelabuhan atau Kecamatan Haranggaol dan Kecamatan Pamatang Sidamanik, karena tidak ada jalan alternatif.

“Tidak ada jalan alernatif sebagai pengalihan menuju Pelabuhan Tiga Ras dan Kecamatan Haranggaol, serta Pamatangsidamanik. Saat ini Pemkab Simalungun sedang berupaya menanggulangi jalan yang amblas. Mudah-mudahan bisa cepat ditangani, sehingga bisa dilintasi kembali,” sebut Damanik.

Menurut Damanik, jalan di Desa Tiga Ras amblas sekitar pukul 21.00 WIB, Minggu (26/11) malam, setelah hujan deras yang turun sejak pukul 16.00 WIB.

Operasional feri penyeberangan dari Tiga Ras menuju Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menurut Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Simalungun, Ramadani Purba untuk sementara ini juga terpaksa tidak dilayani, karena jalan menuju pelabuhan tidak bisa dilintasi.

“Penyeberangan feri dari Pelabuhan Tiga Ras menuju Simanindo untuk sementara ini juga tidak dapat dilayani,karena jalan menuju pelabuhan tidak bisa dilintasi,” ujar Ramadani.