TAPANULI SELATAN - Jalinsum Sipirok-Tarutung kembali harus dialihkan. Hal ini dikarenakan amblasnya bahu jalan tepatnya di Batu Jomba, Dusun Bulu Payung, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Pengalihan ini dikhususkan untuk kendaraan-kendaraan besar semisal bus, truk dan kendaraan bermuatan 10 ton lebih karena badan jalan saat ini hanya tersisa kurang lebih 2 meter.

Kasat Lantas Tapsel AKP Muri Yasnal yang meninjau kondisi jalan tersebut pada Sabtu (25/11/2017) sore mengatakan, sebelum pihak PU Pusat maupun provinsi bertindak mengatasi masalah ini, kendaraan yang akan meluntasi Jalinsum Sipirok-Tarutung harus segera dialihkan agar jangan sampai para pengendara terjebak macet jika melalui jalur tersebut.

Apabila kendaraan besar terus dipaksakan lewat, tidak menutup kemungkinan kondisi amblasnya jalan akan semakin parah apalagi sewaktu hujan.

"Kita terpaksa melakukan pengalihan kendaraan kendaraan besar seperti Bus dan Truk maupun kendaraan yang bermuatan 10 ton lebih yang akan melintasi Jalinsum Sipirok-Tarutung di Batu Jomba, hal ini untuk mencegah semakin parahnya jalan yang amblas karna lebar jalan saat ini hanya kurang lebih 2 meter. Apabila bahu jalan amblas lagi, kemungkinan kendaraan kecilpun tidak akan bisa lewat," ujar Kasat.

Seperti diketahui, kondisi Jalinsum di wilayah Batu Jomba ini kerap terjadi longsor dan amblas sehingga menjadi permasalahan terlebih lebih jika musim hujan. Selain kondisi tanah yang labil, badan jalanpun di penuhi lumpur apabila hujan sehingga menjadi licin.

Pengalihan ini dikhususkan untuk kendaraan-kendaraan besar semisal Bus, Truk dan kendaraan bermuatan 10 ton lebih.