KUTACANE - Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Aceh Tenggara meminta Pemerintah Pusat dapat memindahkan kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) di Medan ke Kabupaten Aceh Tenggara. 

"Sampai saat ini kantor BBTNGL masih berada di Medan, Sumatera Utara," ujar Ketua GMNI Aceh Tenggara, Reza Eka Patra kepada GoAceh via telepon selulernya, Senin (20/11/2017). 
 
Hal itu telah disampaikan saat GMNI Agara diberikan kesempatan untuk memaparkan pandangan umumnya dalam kongres GMNI se-Indonesia ke-20 di Kota Manado.
 
Menurutnya pemindahan kantor BBTNGL itu ke Aceh Tenggara untuk mempermudah dan mempercepat akses pelayanan administrasi dan lainnya bagi masyarakat Aceh.
 
"Tak hanya itu saja pemindahan itu juga diyakini akan menguntungkan masyarakat Aceh yang berada dalam 10 kabupaten/kota yang berhubungan dengan kawasan ekosistem TNGL tersebut,"ucapnya.
 
Dijelaskannya, pantauan GMNI Agara keberadaan kantor BBTNGL di Medan tidak begitu besar manfaatnya dirasakan masyarakat Aceh, khususnya Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan lainnya. 
 
"Bahkan pengawasan terhadap kondisi TNGL pun terkesan sangat lemah, sehingga diduga masih terjadi aksi perambahan hutan," ungkap ketua GMNI Reza.