MEDAN-DPD Partai Golkar Sumatera Utara (Sumut) direncanakan menggelar rapat siang ini guna membahas dan mengesahkan pengunduran diri Ketua DPD Golkar Ngogesa Sitepu sebagai calon Wakil Gubernur yang diusung oleh Golkar.

Sebelumnya, Ngogesa telah menyatakan mundur dari pencalonannya sebagai calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Tengku Erry Nuradi dengan alasan kesehatan.

Wakil Ketua bidang komunikasi media dan penggalangan opini DPD Golkar Sumut, Samsir Pohan membenarkan agenda rapat ini. "Rapat harian, (yang hadir) pengurus harian," kata Samsir, Senin (20/11/2017).

Sebelumnya, Sekretaris DPD Golkar Sumut Irham Buana Nasution mengatakan, rapat hari Senin adalah rapat pleno terbatas untuk menindaklanjuti permohonan pengunduran diri Ngogesa Sitepu.

Irham menyebut permohonan pengurangan diri Ngogesa Sitepu masih dilakukan secara lisan. "Kemarin penetapan beliau menjadi Balon Gubernur berdasarkan rapat pleno, untuk membatalkannya juga melalui mekanisme partai," jelasnya.

Lantas, apakah rapat memutuskan siapa sosok pengganti Ngogesa Sitepu? "Itu belum. Dalam waktu dekat, Sekjen Idrus Marham akan bertemu dengan seluruh pengurus DPD II untuk memberikan arahan pasca pengunduran Ngogesa. Jadwalnya belum, yang jelas dalam waktu dekat," pungkasnya.