Sipirok- Dinobatkannya Lafran Pane Pahlawan Nasional menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Tapanuli Selatan (Tapsel) khususnya Sipirok.

Ribuan warga Tapsel menggelar acara syukuran atas penobatan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional di Sipirok, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

Kegiatan syukuran ini dipusatkan di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok yang merupakan kampung halaman pendiri organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu. Dalam acara syukuran yang dibuka oleh Bupati Tapsel H Martua Pasaribu bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat ini, terlihat hadir sejumlah tokoh nasional yang khusus hadir sebagai tamu kehormatan diantaranya, Akbar Tanjung (Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar), Ibrahim Ambong (mantan anggota DPR dan duta besar Indonesia untuk Chile), Gus Irawan Pasaribu (Ketua Komisi VII DPR, Baharuddin Aritonang (mantan anggota BPK) dan Iqbal Pane (putera Lafran Pane).

Sementara dari pejabat dan mantan pejabat daerah yang hadir di antaranya Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekretaris Daerah (Sekda) Parulian Nasution, mantan Bupati Tapanuli Tengah Panusunan Pasaribu.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap Akbar Tanjung, masyarakat memberikan ulos sebagai simbol penghormatan. Bahkan warga terlihat antusias bersalaman dan menjawab salam dari laki-laki yang juga mantan Ketua Umum PB HMI itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Akbar Tanjung yang menjadi pemrakarsa penobatan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional," ujar Anwar Pane ketika memberikan sambutannya.

Dia mengatakan, perjuangan Akbar Tanjung untuk menjadikan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional cukup besar. Di antaranya menggelar seminar-seminar di berbagai perguruan tinggi, termasuk di kampus wilayah Tabagsel.

"Jasa dia (Akbar Tanjung), sebagai pemrakarsa untuk pemberian gelar itu sangat besar, sehingga wajar masyarakat Tapsel khususnya Pangurabaan mengucapkan terima kasih," ujarnya.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, pemberian gelar pahlawan nasinal kepada Lafran Pane, tidak terlepas dari peran pemerintah. Menurutnya, Pemkab Tapsel pada khususnya banyak membantu proses pemberian gelar gelar tersebut.

"Salah satunya, Pemkab Tapsel juga memfasilitasi adanya seminar Lafran Pane di Universitas Graha Nusantara (UGN) di Kota Padangsidimpuan.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Akbar Tanjung, yang sudah memberikan tenaga dan pikirannya untuk memperjuangkan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional. "Sebagai bupati, saya mengucapkan terima kasih kepada Bang Akbar,"tandasnya.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa almarhum Lafran Pane yang telah mengharumkan nama Kabupaten Tapsel khususnya Sipirok, nama Lafran Pane pun akan dijadikan sebagai nama gedung perpustakaan pemkab Tapsel yang sedang dalam tahap pembangunan di Desa Pangurabaan.