JAKART–Video pendek berjudul “Chick-Chick” dan “Sowan” akhirnya terpilih menjadi pemenang kompetisi domestik Telkomsel 5-Min Video Challenge: Season 2. Sebagai pemenang nasional pertama, “Chick-Chick” berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 150 juta, sedangkan “Sowan” sebagai juara kedua berhak mendapatkan Rp 75 juta.

Keduanya akan mewakili Indonesia pada kompetisi regional di Singapura pada tanggal 22 November 2017, bersaing dengan video pemenang domestik lainnya dari Singapura, Thailand, Filipina, Australia, dan India untuk memperebutkan gelar juara utama dengan hadiah sebesar 30.000 dollar AS.

Sebagai pemenang kompetisi nasional Telkomsel 5-Min Video Challenge, “Chick-Chick” dan “Sowan” juga berkesempatan mendapatkan gelar “The Regional People’s Choice Award” atau “Video Favorit Regional” berdasarkan voting terbanyak dari publik. Masyarakat Indonesia dapat ikut mendukung kedua karya anak bangsa tersebut untuk mendapatkan gelar “Video Favorit Regional” dengan memberikan suaranya di https://www.the5minvideo.com/finalists-2017/ sampai dengan tanggal 19 November 2017.

“Selamat kepada ‘Chick-Chick’ dan ‘Sowan’ yang berhasil menjadi pemenang Telkomsel 5-Min Video Challenge untuk mewakili Indonesia di kompetisi regional. Melihat kedua film pendek tersebut, kami merasa sangat bangga dapat menemukan talenta nasional terbaik yang dapat menghasilkan karya yang sangat menyentuh dan berkualitas. Kami yakin keduanya dapat mengharumkan nama Indonesia dengan mempertahankan gelar juara utama di kompetisi regional,” kata Vice President Brand and Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana dalam siaran persnya hari ini.

Lebih lanjut Nirwan menambahkan bahwa di tahun kedua pelaksanaan Telkomsel 5-Min Video Challenge, terlihat peningkatan kualitas pada submisi video yang masuk dibandingkan dengan tahun lalu. “Hal ini merupakan sinyal positif bahwa potensi dan kreativitas generasi muda Indonesia makin berkembang dan Telkomsel senang dapat menjadi wadah penyaluran kreativitas mereka,” tambah Nirwan.

Senada dengan Nirwan, salah satu juri kompetisi domestik The 5-Min Video Challenge yang juga merupakan salah satu sutradara terbaik di Indonesia, Joko Anwar, juga mengatakan bahwa tahun ini kompetisi Telkomsel 5-Min Video Challenge ditandai dengan peningkatan kualitas teknis dan tema yang lebih beragam.

Menanggapi terpilihnya “Chick-Chick” sebagai juara nasional, Kevin Anderson, Sutradara “Chick-Chick”, mengatakan, “Saya terkejut bisa terpilih mewakili Indonesia di kompetisi regional. Melihat para juri yang percaya dengan film kami, saya personally optimis ‘Chick-Chick’ punya peluang untuk menang di regional nanti,” kata Kevin.

Sutradara “Sowan”, Destian Rendra, pun mengungkapkan harapannya untuk dapat memenangkan kompetisi ini. “Film ‘Sowan’ adalah film yang paling serius kami garap. Meski cukup cemas dengan karya para pesaing dengan karya-karya yang hebat dari berbagai negara, kami optimis akan mendapatkan hasil terbaik,” ungkap Destian.

“Chick-Chick” bercerita tentang gadis kecil bernama Kara yang harus tinggal di rumah neneknya karena orangtuanya sedang bertengkar dan tidak berbicara satu sama lain. Di sana ia berteman dengan seekor ayam dan mencoba berkomunikasi dengan ayam tersebut dengan menggunakan telepon kaleng. Sedangkan “Sowan” menghadirkan cerita pendek tentang seorang pria yang melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Dalam perjalanannya, ia menemukan masalah agrikultura di daerah setempat, di mana selama ini telah terjadi konflik antara petani, pengepul, dan penjual di pasar.

Selain memberikan suara untuk menentukan pemenang “Video Favorit Regional”, publik juga dapat ikut menentukan “Video Favorit Nasional” dari lima video pendek terbaik hasil pilihan panel juri. Kelima video tersebut adalah “Chick-Chick”, “Sowan”, “My Demonic Ex”, “Memori Terakhir”, dan “Surat dari Sinabung”. Publik dapat melihat video nasional pilihan tersebut sekaligus memberikan dukungannya dengan mengikuti voting nasional di https://5minvideo.id/ sampai dengan tanggal 19 November 2017.

Nirwan kemudian kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk mengikuti voting regional agar video perwakilan asal Indonesia bisa berhasil mendapatkan gelar Video Favorit Regional, “Kita tentu akan turut bangga apabila video karya anak bangsa dapat juga terpilih menjadi ‘Video Favorit Regional’ sehingga bisa membawa nama baik Indonesia di depan audiens internasional. Mari kita berikan dukungan dan ikut menentukan juara favorit dengan mengikuti voting sebelum batas waktu yang ditentukan,” tutup Nirwan.

The 5-Min Video Challenge adalah sebuah kompetisi video regional yang mulai diadakan pada tahun 2016 dan merupakan hasil kolaborasi dari operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group, yakni Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia). Kompetisi ini terbuka untuk seluruh filmmaker, baik yang sudah berpengalaman di industri film maupun para pemula dan orang awam yang merasa tertantang untuk menciptakan konten berkualitas yang dapat menggugah perhatian masyarakat luas.

Dengan mengangkat tema “Connecting Lives”, kompetisi ini menantang kreativitas dan pemikiran partisipan untuk menginterpretasikan hubungan antara cara kita melihat dunia dan bertindak sehari-hari dengan berbagai kejadian yang mengantarkan kita pada hal-hal penting dalam hidup. Video berdurasi 5 menit tersebut juga bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai hal-hal yang dapat memisahkan maupun menghubungkan kita pada sesama.