TAPANULI SELATAN - Gedung Perpustakaan Pemerintah (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) yang masih tahap pembangunan, kelak akan dinamai 'Perpustakaan Daerah Lafran Pane Tapanuli Selatan'. Pemberian nama tersebut merupakan penghargaan atas jasa-jasa Lafran Pane sebagai putra Tapsel. "Saat ini, perpusatakaan daerah sedang dibangun di Sipirok dan akan diberikan nama Perpustakaan Daerah Lafran Pane Kabupaten Tapsel," ungkap Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu saat Syukuran Rakyat Tapanuli Selatan Atas Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Prof. Drs. H. Lafran Pane' Minggu (19/11/2017) di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

Sementara itu, Akbar Tanjung yang hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara syukuran tersebut, diakhir pidatonya menyampaikan bahwa salah seorang tokoh yang juga berasal dari Sipirok bernama Anwar Nasution memberikan bantuan berupa buku-buku koleksi pribadinya (Anwar Nasution) sebagai penambah sumber informasi dan ilmu pengetahuan bagi para masyarakat yang mengunjungi perpustakaan Pemkab Tapsel.

"Atas pembangunan Gedung Perpustakaan Pemkab Tapsel ini, salah seorang tokoh yang juga berasal dari Sipirok dan merupakan sahabat saya bernama Anwar Nasution menyumbangkan beberapa buku koleksi pribadinya sebagai kelengkapan buku-buku di Perpustakaan itu," jelas mantan pimpinan PB HMI ini.

Diakhir acara, Akbar Tanjung berserta rombongan didampingi Bupati Tapsel dan jajarannya menyempatkan diri meninjau pembangunan gedung perpustakaan itu. Terlihat, pembangunan gedung perpustakaan daerah yang terdiri dari 2 lantai dan menelan biaya anggaran 2 Milliar lebih ini, sudah mencapai tahap 70%.