MEDAN-Demi mensukseskan hajatan Ngunduh Mantu pasca pernikahan Muhammad Bobby Afif Nasution (Bobby) dengan Kahiyang Ayu (Kahiyang) di Solo, relawan Jokowi di Sumut yang terdiri atas sejumlah organ atau elemen akan terlibat sebagai penyelenggara.

Masing-masing organ akan melibatkan anggotanya duduk di kepanitiaan lokal yang bakal mengurusi berbagai keperluan, seperti akomodasi, transportasi, konsumsi, media dan sebagainya. Demikian terungkap dalam rapat kordinasi elemen relawan yang berlangsung di Medan International Convention Center, Medan.

Dari pantauan di lokasi rapat, salah satu hal yang diwanti-wanti adalah kemungkinan akan adanya aksi demonstrasi di tengah penyelenggaraan Ngunduh Mantu.

Dikatakan Ketua Panitia lokal relawan Jokowi Rudi Hartawan Tampubolon, ada isu yang menyebutkan akan terjadinya unjuk rasa oleh sekelompok warga bersamaan dengan hadirnya Presiden Joko Widodo di Medan.

Oleh sebab itu, Rudi meminta agar para relawan yang memiliki kedekatan dengan para aktivis atau pegiat sosial kemasyarakatan yang akan melakukan unjuk rasa agar melakukan pengejaran demi mencegah.

"Hajatan Ngunduh Mantu Bobby - Kahiyang ini bukan pesta keluarga Jokowi semata, tapi juga pesta rakyat Sumatera dan rakyat Indonesia. Untuk itu mari kita sukseskan bersama-sama. Cegah segala kemungkinan akan adanya demonstrasi atau gangguan lainnya," kata Rudi yang juga Ketua Pemuda Pancasila 1959 Sumatera Utara ini.

Beberapa waktu lalu beredar ajakan di media sosial Facebook untuk berunjuk rasa saat Jokowi hadir di Sumut terkait ditetapkannya UU Ormas yang melegalkan pembubaran organisasi kemasyarakatan oleh pemerintah tanpa melalui proses pengadilan. UU tersebut dianggap sebagai bentuk otoritarian kepemimpinan Jokowi.