LABUHANBATU - Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu, Hj Siti Awal Siregar meminta kepada Kwarran menerapkan prinsip kepemimpinan, yakni di depan menjadi teladan, di tengah membangun kemauan dan di belakang mendorong dan memberikan motivasi kemandirian. Demikian disampaikan Hj Siti Awal dalam pengarahan dan sambutan pada pelantikan 4 pengurus Mabi, Kwarran dan Gudep, Kecamatan Bilah Hilir, Panai Hulu, Panai Tengah dan Panai Hilir periode 2017-2022, di halaman Pelabuhan KPLP Tanjung Sarang Elang, Rabu (15/11/2017).

Tak hanya itu, dirinya berpesan kepada pengurus untuk bekerja sungguh-sungguh sesuai tupoksi, selalu berkoordinasi, dan melaksanakan sistem among dengan menerapkan prinsip kepemimpinan, yakni di depan menjadi teladan, di tengah membangun kemauan dan di belakang mendorong dan memberikan motivasi kemandirian," katanya.

"Hari ini merupakan hari istimewa, dikarenakan dilaksanakan pelantikan empat pengurus dari empat Kwarran yang tentunya membutuhkan kerjasama dari semua pihak, baik moral maupun materil," ujarnya.

Pelantikan itu juga, guna memenuhi amanat anggaran dasar Pramuka tahun 2013 yang berbunyi gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tugas bangsa.

Selanjutnya, untuk menjadikan generasi lebih baik, bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang kuat dan lebih baik.

Ke depan, pintanya, Kwarran agar memulai dari langkah kecil sebagai motivasi besar dalam membina generasi muda yang tangguh, kreatif, mandiri serta menjadi pelopor anti narkotika dan penjaga NKRI.

"Laksanakan tugas masing-masing penuh tanggungjawab dengan memegang teguh kode kehormatan gerakan Pramuka, yakni Tri Satya dan Dasa Darma sejalan dengan semboyan Satya kudarmakan, Darma kubaktikan," ujar Hj Siti Awal Siregar.

Sebelumnya, Ketua panitia pelantikan, H Madaim Ritonga melaporkan, pelantikan empat pengurus Pramuka tersebut, terlaksana berkat kerjasama dari semua pihak, baik dukungan moral serta materi.

"Jika ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan, kami memohon maaf dan ini semoga menambah semangat kepada pendidikan kepramukaan," terangnya.