PALAS - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas menggelar perkemahan Saka Kalpataru di bumi perkemahan Torsipiramanuk, Kecamatan Lubuk Barumun, Sabtu (11/11/2017). Perkemahan yang diikuti 32 anggota gerakan pramuka Saka Kalpataru, 20 anggota Saka Bayangkara, ditambah 40 anggota pramuka dari SMKN 1 Kubuk Barumun, 40 anggota SMK Jakfariah, dan 40 anggota MAS Robiul Islam ini bertujuan mewujudkan generasi muda cinta lingkungan.

"Tujuan perkemahan saka kalpataru pramuka adalah untuk membentuk generasi muda yang cinta lingkungan dengan pramuka sebagai sasaran utamanya," ungkap Wakil Bupati Palas H. Ahmad Zarnawi Pasaribu yang juga Waka Mabicab Gerakan Pramuka Palas sekaligus membuka acara perkemahan ditandai penyematan peserta perkemahan kepada dua orang perwakilan anggota pramuka saka kalpataru.

Disebutkannya, mencintai alam menjadi hal yang sangat penting digerakan pramuka, karena menjadi dasar filosopi serta prinsip dalam melakukan kegiatan kepramukaan identik dengan alam terbuka.

"Di alamlah gerakan pramuka melakukan aktivitas dan berkewajiban melindungi dan melestarikan libgkungan," imbuhnya.

Melalui perkemahan ini, dia berharap dapat membentuk tenaga kader patriot lingkungan.

"Tunjukan bahwa pramuka saka kalpataru adalah patriot yang mengerti lingkungan hidup," pinta Waka Mabicab seraya mengajak adik-adik pramuka terampil di bidang lingkungan yang merupakan bagian penting dari pembangunan nasional.

Di tempat yang sama, Ketua Saka Kalpataru, Maslan Hamdani Ritonga didampingi Sekretaris Kwarcab Palas Zainuddin Hasibuan mengatakan, kegiatan perkemahan berlangsung 11-12 November ini diikuti peserta 160 anggota pramuka.

Maslan berpesan agar anggota pramuka saka kalpataru hendaknya dapat menjalankan dasar dharma dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita tidak boleh cepat putus asa dan tetap semangat tunjukkan kita bisa. Pramuka saka kalpataru adalah generasi muda yang tanguh dan disiplin terhadap lingkungan, melestarikan dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman," ujarnya

Saka Kalpataru adalah salah satu Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah pendidikan di bidang kepedulian lingkungan bagi anggota Pramuka. Tujuannya agar anggota Pramuka dapat membantu, membina dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan khusus terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.

"Dalam perkemahan ini para peserta mendapatkan pembekalan materi berupa Krida Saka Kalpataru yang meliputi Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle), Krida Perubahan Iklim (Konservasi & Hemat Air, Hemat Energi Listrik serta Transportasi Hijau), Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati," tandas Maslan yang diamini Zainuddin Hasibuan.