MEDAN-Sehubungan dengan dijadikannya pelataran parkir depan pusat jajanan kuliner Kota Medan, Merdeka Walk menjadi kawasan pendestrian, lahan parkir akan dialihkan ke pelataran parkir sisi timur Lapangan Merdeka. Tepatnya, di bawah kios pedagang buku bekas.


Menurut Kadis Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat, lahan parkir di sisi timur Lapangan Merdeka tersebut dinilai cukup menampung jumlah kendaraan yang datang ke Merdeka Walk, termasuk yang berolahraga di lapangan tersebut.

“Jadi, parkir roda empat maupun roda dua dialihkan ke sisi timur Lapangan Merdeka. Pelataran parkir tersebut dinilai cukup menampung kendaraan, baik yang ke Merdeka Walk maupun beraktivitas di Lapangan Merdeka,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pemindahan lahan parkir dari Jalan Balai Kota ke sisi timur Lapangan Merdeka sudah berdasarkan pertimbangan dan kajian yang matang. Termasuk mengantisipasi kemacatan yang terjadi di Jalan Stasiun Kereta Api akibat keluar masuk kendaraan maupun yang terparkir di Stasiun Kereta Api. “Tidak akan macat. Soalnya sudah dikaji dan juga berbagai pertimbangan. Pengaturan keluar masuk kendaraan akan diatur. Sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan,” tambahnya.

Pemindahan lahan parkir tersebut akan secara perlahan lahan dan bertahap. Nantinya juga akan disampaikan kepada pengendara sebagai pemberitahuan. “Mulainya begitu pendestrian tersebut difungsikan,” tambahnya.