JAKARTA-Presiden Joko Widodo meminta maaf kepada warga Solo dan sekitarnya, karena merasakan imbas seperti kemacetan saat acara pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu.

Memang, aktivitas di Solo dan sekitarnya terlihat sangat tinggi. Kemacetan di beberapa titik tidak bisa dihindari. Mengingat banyak tamu yang datang untuk menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu.

"Kami sekeluarga juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat terutama tetangga di sini, kemudian juga lalu lintas di sebelah gedung yang mungkin hari ini agak terganggu. Mungkin besok (Rabu 8 November) harus digeser ke jalan yang lain," ujar Presiden Jokowi, usai gladi bersih di Graha Saba, Solo Jawa Tengah, Selasa, 7 November 2017.

Pernikahan yang akan digelar besok dipastikan akan dihadiri banyak tamu undangan. Dari relawan saja, ada 4 ribu yang diinapkan di asrama haji Dononhudan.

Belum lagi para pejabat negara yang akan hadir. Bahkan untuk hotel-hotel di Solo semuanya sudah penuh. Sehingga beberapa tamu undangan terpaksa ada yang menginap di Yogyakarta.

"Ya kalau kita lihat, hotel satu kamar pun tidak ada yang kosong. Banyak yang harus menginap di Yogya," kata Jokowi.