JAKARTA - Pihak pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta menyatakan siap menerima kedatangan ribuan tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution, yang akan digelar Rabu (8/11) di Gedung Graha Saba Buana Solo.

Berdasarkan siaran pers pada Selasa (7/11), PT Angkasa Pura I (Persero) mengatakan bahwa hingga 9 November terdapat 29 pesawat carter yang akan mendarat di dua bandara tersebut. 

Selain itu, maskapai Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air yang telah memiliki jadwal reguler mendarat, akan menambah empat jadwal penerbangannya.

"Untuk mendukung sukses dan lancarnya acara pernikahan putri Presiden Jokowi di Solo, Angkasa Pura I cabang Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta telah menyiapkan skema pengaturan parkir pesawat carter dan tambahan yang membawa tamu undangan," ujar Sekertaris Korporasi Angkasa Pura I Israwadi.

Lebih lanjut disampaikan, bila terdapat permintaan tambahan untuk penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo Solo, maka penerbangan tersebut akan dialihkan parkirnya ke Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta. 

Angkasa Pura I juga menambah jam operasi dua bandara menjadi 24 jam, selama 7 dan 8 November. 

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose menyatakan telah berkoordinasi dengan instansi terkait—mulai dari maskapai sampai TNI Angkatan Udara, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan operasional bandara dalam melayani penumpang umum dan tamu undangan. 

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pastikan kegiatan operasional, terutama terkait kemanan dan keselamatan penumpang di bandara, dapat berjalan dengan lancar," kata Wendo.

Pernikahan Kahiyang-Bobby diperkirakan dihadiri 8.000 tamu undangan, yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat seperti pejabat negara, relawan, masyarakat sekitar, serta kerabat dekat.  ***