MEDAN - Gempa bumi kembali terjadi di Sumatera Utara. Kali ini gempa dengan kekuatan 3.8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (4/11/2017) siang tadi. Informasi diperoleh Analisadaily.com dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan, gempa berkekuatan 3,8 SR terjadi sekitar pukul 14:08:28 WIB.

"Lokasi gempa berada pada 0.15 LU,98.12 BT di laut, 70 km Tenggara Nias Selatan-Sumut dengan kedalaman 10 Kilometer," kata Kabid Data dan Informasi BBMKG Wilayah 1 Medan, Syahnan.

Sementara, Prakirawan-BMKG Binaka Gunungsitoli, update peringatan dini Cuaca Kepulauan Nias dan Tapanuli Tengah, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir di wilayah Lahewa, Lahewa Timur, Sitoluori, Sawo, Tuhembarua, Namohalu, Alasa Talumuzoi, Gunungsitoli Utara dan sekitarnya.

Hujan juga diperkirakan meluas ke wilayah Kota Gunungsitoli, Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli Alo Oa, Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli Idanoi, Mandrehe Utara, Mandrehe, Moi, Lahomi dan sekitarnya.