DELISERDANG-Anggota DPR-RI Sofyan Tan mengakui bahwa Kabupaten Deliserdang cukup "seksi". Deliserdang memiliki cukup banyak potensi, seperti objek wisata, pertanian, kelautan dan wilayah yang cukup luas.

Apalagi, di Deliserdang terdapat bandara international Kualanamu dan jalan tol.

"Nah, potensi ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah daerah. Termasuk membangun dan terus menggali potensi parawisatanya. Saya yakin, dengan potensi yang ada ini, maka Deliserdang akan menjadi salah satu kabupaten termegah di Indonesia. Ini lah "seksi" nya Deliserdang," kata Sofyan Tan pada acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, di Taman Buah Lubukpakam, Deliserdang, Kamis (2/11/2017).

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta dari kelompok sadar wisata tersebut juga dihadiri Rinto Taufik Simbolon dari Kementerian Pariwisata, Asisten II Hj Saadah Lubis dan Kadis Porabudpar Deliserdang H Faisal Arif Nasution.

Dijelaskan Sofyan Tan, tahun anggaran 2018 pemerintah akan menganggarkan Rp 500 juta bagi daerah yang akan membangun desa adat budaya. Tujuannya agar wisatawan manca negara tertarik mengunjungi derah itu.

"Nah, di Kabupaten Deliserdang nantinya memiliki desa adat budaya, sampaikan kepada Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kita dari Komisi X DPR RI siap untuk mengawalnya," papar Sofyan Tan.

Perlu diketahui, jika industri pariwisata tersebut terbangun dengan baik,maka akan menghasilkan pendapatan yang besar bagi daerah. Itu sebabnya Sofyan Tan yang memiliki ikatan emosional yang cukup kuat dengan masyarakat dan Kabupaten Deliserdang akan ikut mendorong kemajuan parawisata di daerah itu.

Kata Sofyan, kalau Danau Toba sudah menjadi destinasi wisata nasional, maka Deliserdang juga harus jeli memanfaatkannya dengan semakin gencar mempromosikan objek wisatanya. Sebab, Bandara Kualanamu dan jalan tol juga berada di Deliserdang.

"Deliserdang kan sudah memiliki aksesnya, jadi tinggal bagaimana memanfaatkannya. Sehingga wisatawan bukan saja datang ke Danau Toba, tapi singgah dulu ke Deliserdang," tandasnya.