MEDAN - Kabupaten Karo kembali diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,3 Skala Richter (SR) dengan posisi episenter pada koordinat 3.13 LU dan 98.46BT, tepatnya di darat pada jarak 21 km arah Timur Laut Kabupaten Karo, pada kedalaman 10 km, Selasa (31/10/2017), pukul 07:31:38 WIB. "Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan yang diterima dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi dengan intensitas gempabumi II SIG-BMKG (III MMI)," kata Kepala BBMKG Wilayah I, Edison Kurniawan.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada Zona Sesar Lokal di sekitar Kabupaten Karo, karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik.

"Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi," jelas Edison.

Kepada masyarakat disekitar wilayah Kabanjahe, Berastagi dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi dari BMKG.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," imbau Edison mengakhiri.