LABUHANBATU - Sejumlah OKP dan Ormas Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara tumpah ruah di lapangan terbuka perumahan Sahrul Efendi Pasar Batu untuk menyatukan visi pada perayaan HUT ke-89 Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2017) malam.

Ketua PK KNPI Panai Hulu, Sahrul Efendi dalam arahannya meminta kepada seluruh pihak untuk merajut kembali rasa persatuan kepemudaan. Bahkan seluruh Indonesia, saat ini berkumpul dan merayakan HUT pemuda-pemudi Indonesia tepatnya dideklarasikan 28 Oktober 1928 yang lalu, dan saat ini tepat sudah ke 89 Tahun.

"Perjuangan kita cukup berat, mempertahankan lebih berat dari pada merebut kemerdekaan. Mari kita pemuda terus mengisi kemerdekaan, menjadi pemuda yang berprestasi. Jadilah pemuda yang sehat jasmani dan rohani," tutur Sahrul Effendi.

Sahrul kembali mengajak seluruh pemuda untuk lebih aktif dalam bermasyarakat, berbuat dan ikut terlibat dalam memerangi bahaya buruk narkoba.

"Marilah kita jalin kembali rasa persatuan dan kesatuan di dalam segala bidang," jelasnya.

Makanya, sambung Camat Panai Hulu, Muslih, saat inilah pemuda harus mulai bergerak dan berkarya, untuk masa depan bangsa dan negara ini agar lebih baik lagi ke depannya.

"Mari kita jauh narkotika, (dengan) peduli terhadap (orang-orang di) lingkungan, kita Tumbuh kembangkan lagi (semangat) jiwa bergotong royong," tegasnya.

Secara terpisah Danramil 04 Labuhanbilik, Kapten Inf Mahmud Tambunan yang diwakilkan Serma Faisal Manurung mengungkapkan, bangsa Indonesia adalah tanggung jawab pemuda ke depan. Banyak cara orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk menghancurkan generasi bangsa Indonesia yaitu ancaman narkotika.

"Untuk menggisi kemerdekaan ini, mari kita isi kemajuan bangsa Indonesia ini dengan berprestasi. Keadaan negara saat ini darurat narkoba dan (kita) masih terus dijajah, tidak melalui angkat senjata, melainkan dengan narkotika yang dapat merusak pola pikir generasi bangsa ini," ujarnya.

Pada peringatan ini, hadir berbagai organisasi kepemudaan seperti Masyarakat Pancasila Indonesia (MPI), Pemuda pancasila (PP), Srikandi Pemuda Pancasila, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI), Srikandi KB FKPPI Rayon 07 Panai Hulu, Gerakan Pemuda Anshor (GPA), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Panai Hulu.

Tampak pula hadir Ketua KB FKPPI PC 0209 Labuhanbatu, Indra Riadi, Camat Panai Hulu, Muslih, Danramil 04 Panai Tengah, Kapten Inf Mahmud Tambunan yang diwakilkan Serma Faisal Manurung, Kupt Dispen Panai Hulu, H. M. Ritonga, Manager PTPN IV Unit usaha Ajamu Ir S. Damanik, Papam Kapten Inf Warian Diharjo, Asisten Afd 2 Mendaki, Afd 5 Derry Aulia, Pengolahan, F.Simbolon, Asisten Gudang rizky.

Sebelum peringatan hari Sumpah Pemuda ini, terlebih dahulu pemberian santunan tali asih kepada anak yatim piatu yang dilakukan seluruh Ketua OKP, Ormas, bersama Forkompinka Kecamatan Panai Hulu.