MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi meresmikan Listrik Pedesaan, tepatnya di Desa Bekilang, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo. Peresmian dilakukan melalui melalui video conference yang ditandai dengan penekanan tombol. Sebelum melakukan peresmian, Gubsu juga melakukan video conference dengan masyarakat yang ada di Desa Bekilang. Pada video conference-nya dengan masyarakat, Gubsu berpesan agar masyarakat dapat memelihara listrik yang telah masuk ke desa.

Gubsu juga berharap agar seluruh desa yang ada di Provinsi Sumatera Utara hingga ke pelosok akan teraliri listrik. Karena listrik merupakan salah satu infrastruktur yang menopang pembangunan dan perekonomian dari suatu desa.

"Mudah-mudahan desa-desa kita yang jauh di pelosok penjuru tanah air dapat terang-benderang berkat kerja keras semuanya, dengan slogan kerja bersama terangi negeri kita khususnya Sumatera Utara yang kita cintai," kata Erry, Jumat (27/10).

GM PLN Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto, melaporkan bahwa PLN saat ini berupaya melakukan percepatan pembangunan listrik desa yang merupakan amanah dari Presiden RI, yang tertuang dalam peraturan Menteri ESDM No.38 tahun 2016.

"Dalam peraturan tersebut, mengamanahkan bahwa pembangunan listrik desa sangat penting untuk membuka kesempatan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia," ungkapnya.

"Upaya tersebut juga dilakukan PLN Sumatera Utara yaitu dengan melakukan roadmap Desa Berlistrik yang tadinya Desa berlistrik hingga tahun 2019. Namun, PLN Wilayah Sumut akan mengupayakan Desa berlistrik hingga tahun 2018 di provinsi Sumatera Utara," sambung Feby.

Feby juga menjelaskan, pada 2016 realisasi listrik desa sebanyak 77 desa merupakan desa baru dan desa lama dengan anggaran yang terserap Rp 77 miliar, dengan rasio elektrifikasi mencapai 94,7 persen.

Pada 2017 target 197 desa sebanyak 17 desa telah diresmikan pada 17 Agustus 2017 dengan anggaran terserap Rp 16,5 miliar, dengan rasio elektrifikasi meningkat 96,9 persen. Sementara, target 2018 sebanyak 322 desa dengan alokasi anggaran yang cukup spektakuler sebesar Rp 661 miliar.

"Sebelumnya roadmap Desa Berlistrik Tahun 2019. Kami akan berupaya 2018 Sumatera Utara semua desa sudah berlistrik," jelasnya.

Feby juga mengharapkan kepada seluruh stakeholder untuk menghadapi dan menyelesaikan kendala di lapangan dan menyukseskan program listrik desa.

"PLN khususnya regional Sumatera optimis dengan kerja sama seluruh stakeholder dapat mewujudkan Sumatera Terang, Tumbuh dan Efisien melalui slogan Membangun Sumatera Utara dari Desa," pintanya.