MEDAN-Gempa tektonik mengguncang Kabupaten Karo dengan kekuatan 3,1 Skala Richter. Gempa bumi tersebut dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi, Rabu (25/10).

Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, gempa terjadi pada pukul 08.47:54 WIB dan berpusat pada koordinat 3.01 LU dan 98.35 BT.

"Tepatnya di darat pada jarak 14 km arah tenggara Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada kedalaman 6 Km," kata Kepala BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan.

Edison menjelaskan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shake map) BMKG dan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi dengan skala intensitas gempa bumi I SIG-BMKG atau I-II Modified Mercalli Intensity (MMI).

"Berdasarkan hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada zona sesar lokal di sekitar Kabupaten Karo. Karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi," jelasnya.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat di wilayah Kabanjahe sekitarnya agar tetap tenang serta selalu mengikuti arahan pemerintah melalui BPBD setempat dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG.

"Jangan terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbau Edison.