MEDAN|Usia pembentukan lkatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Sumut belumlah lama. Genap setahun, terhitung dari tanggal 22 Oktober 2016- Namunr kebeliaannva tak membuat para Pengurus dapat bersantai—santai dalam menjalankan program, visi dan misi yang telah disampirkan ke pundak sebagai sebuah bentuk tanggung jawab.

Acara puncak tasyakur milad Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut ke-1 digelar pada 23 Oktober 2017 dipusatkan di Raz Plaza Convention Hall. Peringatan tersebut akan diramaikan dengan beragam kegiatan yang diusung dalam tema “Pelangi Muslimah” seperti bazaar, donor darah, lomba produk unggulan, lomba marhaban, lomba masak, lomba mewarnai, photo booth contest, lomba stand bazaar terbaik, serta aneka tarian dan nyanyian.

Turut meramaikan artis kawakan ibukota, Dorce, yang akan menghadirkan performa terbaiknya bagi masyarakat Medan. Acara akan digelar terbuka untuk masyarakat umum ramai dikunjungi oleh khalayak.

Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis, SE mengatakan selama setahun bersama temen-temen dirinya berjuang dan bekerja keras untuk membangun perekonomian di Sumut. Selain bersilaturahmi, pihak berjuang dalam meningkatkan taraf hidup khususnya muslimah di Sumut. Saat ini, Ipemi Sumut sudah memiliki Pusat Pelatihan dan Galeri UKM IPEMI Sumut yang berada di jalan Bunga Raya No.9 Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang untuk meningkatkan minat, kualitas dan kuantitas muslimah yang memilih berwirausaha. Tempat pelatihan juga dilengkapi dengan pusat bermain bagi anak sehingga kalangan muslimah tak perlu cemas harus meninggalkan anaknya saat sedang mengikuti materi latihan.

"Saat ini Ipemi sudah terbentuk sebanyak 34 provinsi di Indonesia. Jadi, d jaringan dalam menjual produk unggulannya jadi lebih mudah.Dan untuk di Sumut sudah 500 anggota bergerak diberbagai bidang. Dengan adanya Ipemi dimana pihaknya ingin membentuk mental usaha muslimah dengan motivator untuk membimbing enterpreneur sesuai dengan kerja ikhlas dan cerdas," papar Yulidar Bugis dalam Press conference di Raz Hotel Medan.

Dia mengungkapkan ada banyak pengusaha muslimah yang tersebar tidak saja di kota-kota besar, namun hingga ke pelosok kabupaten dan kampung-kampung di Sumutyang menantikan kiprah dan aktivitas para pengurus IPEMI untuk membantu mereka mengembangkan usaha yang ada.

Maka, paska pelantikan dan konsolidasi pengurus serta anggota, program kerja pun bergulir, satu demi satu dilaksanakan. Mengorganisir para pengusaha ukm, merekrut pelaku usaha baru dan menanamkan kepercayaan kepada pemerintah dan pihak-pihak yang dibutuhkan sinerginya dalam membesarkan usaha muslimah, bukanlah persoalan mudah dalam tataran pelaksanaannya.

"Beraneka persoalan dan tantangan datang silih berganti, meski pada akhirnya dengan konsep "Kerja lkhlas, Kerja Cerdas” segalanya dapat diselesaikan dengan baik," tegasnyanya.

Sampai saat ini, IPEMI Sumut sudah meresmikan pelantikan tiga PD IPEMI Kabupaten Langkat, PD IPEM Kota Binjai dan PD IPEMI Kabupaten Serdang Bedagai. Pelantikan berikutnya akan segera disusul dengan sebelas daerah lainnya yang susunan kepengurusannya telah dibentuk. Sementara 19 daerah yang yang tersisa dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara, tengah dipersiapkan dengan intensif melalu pendekatan-pendekatan ke berbagai pihak.

Dia menerangkan pembentukan kepengurusan ‘PEMI di daerah-daerah tentu tidak bisa dilepaskan dari jalinan kerjasama yang baik antara IPEMI Sumut dengan berbagai dinas/instansi terkait serta pemerintah daerah setempat. Selain itu dukungan juga berdatangan dari konjen negeri sahabat yang berkedudukan di Medan, lembaga perbankan dan sejumlah institusi swasta lainnya. Tak |ain dan tak bukan semua itu merupakan perwujudan komitmen untuk mengembangkan ekonomi rakyat dan membesarkan sektor UKM yang sampai saat ini menduduki porsi terbesar jumlah pengusaha yang ada di Sumatera Utara.

"Keberpihakan lPEMl Sumut yang bukan hanya fokus pada pengembangan usaha namun juga pembentukan mental wirausaha lslami dengan segera mendapatkan tempat dan peluang-peluang. Peluang yang paling diharapkan tentu saja untuk menembus pasar nasional dan global, sehingga menguntungkan bagi pemasaran hasil produksi anggota yang bernaung dibawahnya," ungkapnya.

Dia menambahkan beberapa pameran dan bazaar, baik yang berskala lokal, nasional maupun internasional tak luput dari perhatian IPEMI Sumut, dengan mengikutsertakan para anggotanya yang berminat dan memiliki produk-produk berkualitas unggulan. Tercatat di antaranya Dada Indian Bazaar Medan Club, Ina Craft 2017, Penang Halal International and Coference 2017 dan beberapa bazaar serta pameran rutin lainnya.

"Harapan saya dan seluruh pengurus di ulang tahun pertama ini. Insha Allah kedepannya Keluarga ipemi semakin kompak dan solid dalam membangun Ipemi yang lebih maju lagi. Dan kedua, Ipemi Sumut dapat melantik PD di daerah agar lahir Ipemi yang baru supaya dalam menjalan program-program kerja yang diinginkan dapat tercapai," tambahnya.