DELI SERDANG - Puluhan Pelajar dan tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Kutalimbaru mendapatkan informasi serta cara menggunakan aplikasi Polisi Kita dari personel Polsek Kutalimbaru. "Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi Polisi Kita kepada masyarakat luas, terutama kepada para guru, wali murid dan peserta didik di SMP Negeri 1 kutalimbaru," aku Kapolsek Kutalimbaru, AKP Martualesi Sitepu saat blusukan ke SMP Negeri 1 Kutalimbaru, Sabtu (21/10/2017).

Dalam kegiatan sosialisasi ini, mantan Waka Polsek Medan Barat ini juga menjelaskan, kalau aplikasi ini dibuat bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pihak kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita ingin menyampaikan saat ini Polda Sumatera Utara sudah mengikuti perkembangan informasi berbasis media elektronik. Dan aplikasi Polisi Kita ini adalah salah satu contoh terobosan pelayanan berbasis elektronik," kata mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota ini.

Menurut Kapolsek, aplikasi ini melayani masyarakat dalam hal pengaduan, pelayanan, berita dan agenda, city guide dan portal berita. Dimana, jika kehadiran polisi dibutuhkan, masyarakat bisa langsung menekan layanan pengaduan di aplikasi Polisi Kita.

Tak hanya menjelaskan fungsi aplikasi Polisi Kita, Martualesi juga menjelaskan langkah-langkah untuk mendownload aplikasi Polisi Kita.

Di akhir acara, Martualesi mendapat pertanyaan dari salah satu guru, bagaimana dengan kerahasian pelapor jika melaporkan peredaran narkotika di sekitaran tempat tinggalnya termasuk apakah pelapor juga akan dilibatkan menjadi saksi dalam pemeriksaan dan persidangan.

Menanggapi pertanyaan itu, Martualesi menerangkan, bagi pelapor tidak akan dilibatkan sebagai saksi, baik dalam pemeriksaan maupun di persidangan. Bahkan identitas pelapor akan dijamin kerahasiaannya oleh pihak kepolisian.

"Sebagai contohnya, pada Jumat kemarin, kita ada menangkap pelaku penyalahgunaan narkoba yang diinformasikan melalui aplikasi Polisi Kita ini. Kita tidak ada melibatkan yang memberikan informasi. Untuk itu, saya kembali mengimbau kepada masyarakat jangan takut untuk memberikan informasi, karena segala informasi yang diberikan akan dijaga kerahasiannya," terang Martualesi.

Selanjutnya, Martualesi melanjutkan kegiatan olahraga bersama dengan peserta didik kelas VIII B dan C. Di mana Martualesi yang memimpin langsung kegiatan pemanasan.

Dalam acara sosialisasi tersebut, selain dihadiri Kapolsek Kutalimbaru AKP Martualesi dan anggota. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kutalimbaru Andius Spd, Hotlan N. Simanjuntak,16 Guru SMP Negeri 1, 30 Orang Pelajar Kelas VIII B, 35 Orang Pelajar Kelas VIII C, dan beberapa perwakilan orang tua peserta didik.